Memasyarakatkan Olahraga Mengolahragakan Masyarakat

Panduan Sebelum Anda Menonton Siaran Langsung dan Berolahraga

Hasil Grand Prix MotoGP Spanyol 2009: Rossi Tampil Luar Biasa dan Kalahkan Pedrosa

Lomba dimulai dengan start yang buruk dari pemegang pole position, Jorge Lorenzo. Dani Pedrosa yang memanfaatkan situasi ini untuk melesat ke depan disusul oleh Casey Stoner dan Valentino Rossi.
Namun perlahan tapi pasti Rossi mampu mengambil posisi Stoner diperingkat kedua dan memperpendek jarak dengan Pedrosa. Rossi terus menguntit Pedrosa didepan yang sepertinya semakin tidak nyaman.
Akhirnya Rossi mampu melewati Pedrosa di Lap 17 dan mempertahankannya sampai balapan usai. Btw, ini ulasan lomba yang saya ambil dari DetikSport untuk sodara-sodara:
Valentino Rossi mempecundangi pembalap tuan rumah Dani Pedrosa dalam gelaran MotoGP Spanyol di sirkuit Jerez, Minggu (3/5/2009). “The Doctor” pun meraih kemenangan pertamanya di musim ini.
Memulai balapan dari posisi keempat, Rossi mengubur harapan Pedrosa untuk naik podium teratas di depan para pendukungnya. Terus memimpin dari awal sampai pertengahan lomba, Pedrosa harus merelakan tempatnya mulai lap 17.
Sejak itu Rossi tak tertahankan dan finish nomor satu, sekaligus merengkuh kemenangan pertamanya di musim ini. Di dua seri sebelumnya pembalap tim Fiat Yamaha ini hanya menjadi runner up di Qatar dan Jepang.
Sementara itu Pedrosa, juara musim lalu di Jerez, harus puas di tempat kedua, diikuti Casey Stoner di peringkat tiga. Di klasemen, Rossi merebut posisi puncak dari Jorge Lorenzo dengan nilai 65. Lorenzo sendiri gagal menyelesaikan lomba gara-gara terjatuh di empat lap terakhir.
Disaksikan 123.340 penonton, Pedrosa dan Stoner mulus dalam start-nya. Mereka mengambil posisi pole position yang dipegang Lorenzo, di tikungan pertama, saat balapan dimulai.
Rossi menguntit di tempat keempat, diikusi Randy de Puniet dan Colin Edwards. Posisi ini tidak berubah banyak sampai putaran pertama selesai.
Di lap kedua Rossi berhasil mengalahkan Lorenzo yang adalah rekan partnernya di tim Fiat Yamaha, guna mengambil posisi tiga besar. Tak lama kemudian ia , Stoner, dan Pedrosa mulai terlibat persaingan ketat di rombongan terdepan.
Di belakang mereka terjadi pertarungan cukup seru di antara De Puniet, Loris Capirossi, dan Edwards.
Rossi terus menanjak setelah di lap kelima mampu melewati Stoner. Tapi itu tak lama karena di  trek lurus menjelang sebuah tikungan Stoner melakukan serangan balasan untuk mengambil tempat sebelumnya.
Duel Rossi dan Stoner terus terjadi dan di lap keenam Rossi memenangi lagi. Di belakang, pembalap Honda Andrea Dovizioso melakukan kesalahan, nyasar ke trek berpasir.
Sampai sejauih itu balapan berlangsung datar-datar saja, baik di depan, tengah maupun belakang. Di lap 14 Stoner mulai tercecer dari Rossi, sedangkan sang juara bertahan makin ngotot memburu Pedrosa. Jarak mereka pun terus  merapat, dari satu detik lebih menjadi kurang satu detik.
Mulai lap 16 Pedrosa sudah dalam tekanan besar karena Honda-nya sudah begitu dekat dengan Yamaha yang ditunggani Rossi. Dan tekanan itu tak mampu ia atasi ketika satu lap berikutnya, menjelang sebuah tikungan, Rossi mengambil Pedrosa dari kanan, dan posisi terdepan pun berubah. Rossi memimpin.
Lap demi lap berikutnya Pedrosa tidak tampak kompetitif lagi dibandingkan Rossi. Dari situ, kemenangan makin membayang buat rider Italia tersebut.
Berbeda dengan Rossi, Lorenzo mengalami kesialan besar. Melaju tanpa lawan, ia rebah terlalu dalam saat menghadapi belokan. Ketika keseimbangannya tak terjaga, pembalap Spanyol itu pun terlontar dari motornya dan terseret ke gravel.
Lorenzo mampu bangkit dan dibantu beberapa petugas untuk kembali menaiki motornya. Namun, malang tak menjauhinya karena kemudian ia harus masuk garasi dan gagal menyelesaikan lomba. Ia tampak kesal dan memukul sayap depan motornya. Antiklimaks buat Lorenzo yang selalu naik podium di dua seri pertama: nomor tiga di Qatar, nomor satu di Jepang.
De Puniet memperoleh keuntungan dari kegagalan Lorenzo tersebut dan finish di tempat keempat, di depan Marco Melandri dan Edwards.

Hasil MotoGP Spanyol 2009:
1.  Valentino Rossi   Yamaha           45 menit 18,557 detik
2.  Dani Pedrosa      Honda            +   2,700
3.  Casey Stoner      Ducati           +  10,507
4.  Randy de Puniet   LCR Honda        +  31,893
5.  Marco Melandri    Hayate Kawasaki  +  33,128
6.  Colin Edwards     Tech 3 Yamaha    +  34,128
7.  Loris Capirossi   Suzuki           +  34,421
8.  Andrea Dovizioso  Honda            +  34,625
9.  Toni Elias        Gresini Honda    +  42,689
10.  Chris Vermeulen   Suzuki           +  45,183
11.  Sete Gibernau     Hernando Ducati  +  48,192
12.  Yuki Takahashi    Scot Honda       +  51,875
13.  James Toseland    Tech 3 Yamaha    +  53,683
14.  Alex de Angelis   Gresini Honda    +  53,941
15.  Nicky Hayden      Ducati           +1m01,237
16.  Niccolo Canepa    Pramac Ducati    +1m10,896

Tidak finish:
Jorge Lorenzo     Yamaha           23 lap
Mika Kallio       Pramac Ducati    12 lap
(a2s/a2s) Andi Abdullah Sururi – detiksport / (REUTERS/Anton Meres)

Berita terkait:

Filed under: MotoGP 2009,

One Response

  1. victor mengatakan:

    Wah Seruh bangat tuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sabalong Samalewa

free counters

RSS Free Mp3

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Lintas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Terjemahkan Ke Bahasa:

Status YMku…

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip Sport’s

RSS Liga Indonesia

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Beritabola

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Link

Situs Resmi Formula 1 Flinst = Warnet Asyik di Sumbawa Blog Gado-Gadonya Tau Samawa Situs Resmi MotoGP Situs Resmi Liga Inggris Situs Resmi Liga Champions Situs Resmi PSSI Situs Resmi NBA Situs Resmi Chelsea FC Situs Resmi Inter Milan FC Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa Suzuki Sumbawa Situs Resmi Superbike World Championship ifa.com - Situs Resmi Federasi Asosiasi Sepakbola Sedunia www.espnstar.com - Situs Resmi ESPN
%d blogger menyukai ini: