Memasyarakatkan Olahraga Mengolahragakan Masyarakat

Panduan Sebelum Anda Menonton Siaran Langsung dan Berolahraga

Hebat! Soderling Menembus Final

PARIS, KOMPAS.com – Pemain unggulan 23 asal Swedia, Robin Soderling, menembus final grand slam Perancis Terbuka. Pemain berusia 24 tahun tersebut maju ke partai puncak di Roland Garros ini setelah bertarung ketat melawan unggulan 12 asal Cili, Fernando Gonzalez, yang taklukkannya dengan 6-3 7-5 5-7 4-6 6-4, Jumat (5/6).
Ini merupakan prestasi terbaik Soderling sepanjang kariernya di ajang grand slam. Sebelumnya, langkah terjauh Soderling di grand slam adalah sampai ke babak ketiga Wimbledon (2003, 2007) dan Amerika Serikat Terbuka (2005)–pada Australia Terbuka 2004 dan 2009 hanya sampai babak kedua.
Di final yang berlangsung Minggu (7/6) nanti, Soderling akan bertemu unggulan kedua asal Swiss, Roger Federer, atau unggulan kelima asal Argentina, Juan Martin del Potro.
Soderling yang membuat kejutan di babak keempat karena menghentikan langkah sang juara bertahan Rafael Nadal, tampaknya akan menang mudah di babak semifinal ini. Pasalnya, di dua set awal dia begitu perkasa sehingga membungkam Gonzalez dengan skor 6-3 dan 7-5.
Tetapi pada dua set selanjutnya, Gonzalez yang juga disebut-sebut sebagai raja lapangan tanah liat ini bisa bangkit. Petenis Cili tersebut merebut set ketiga dengan kemenangan 7-5.
Pada set keempat, Gonzalez sempat melakukan aksi protes di game kesembilan. Dia menggosok bekas bola di atas lapangan dengan pantatnya, karena menilai wasit telah membuat keputusan yang keliru: menyatakan bola pengembalian Soderling masuk. Padahal, bola itu melebar di sisi kanan.
Beruntung, meskipun sempat emosi, dia bisa meraih kemenangan setelah melakukan break dan unggul 5-4. Ketika memegang servis, Gonzalez bisa menyudahi set keempat tersebut dengan kemenangan 6-4, sehingga pertandingan dilanjutkan dengan set kelima.
Di set penentuan ini, Gonzalez melaju dengan cepat karena berhasil melakukan break di game kedua dan selanjutnya unggul 3-0. Sayang, dia tak mampu mempertahankan irama permainannya sehingga Soderling bisa bangkit dan menyapu tiga game selanjutnya untuk menyamakan skor menjadi 3-3.
Inilah titik balik bagi Soderling yang bermain semakin agresif, ditambah akurasi pukulan yang membuat Gonzalez pontang-panting untuk menerima bola darinya. Setelah melakukan break di game kesembilan untuk unggul 5-4, Soderling tampak percaya diri ketika memegang servis di game ke-10.
Benar saja, dia tak memberikan kesempatan kepada Gonzalez untuk bangkit karena bisa menutupnya dengan kemenangan 6-4. Alhasil, Soderling pun untuk pertama kalinya menjejakkan kakinya di final grand slam.
Memang, kiprah Soderling di Perancis Terbuka kali ini benar-benar memukau. Kejutan terbesarnya adalah ketika menyingkirkan Nadal, sehingga dia pun dianggap pahlawan oleh pemain legendaris Swedia, Bjorn Borg.
Ya, seandainya Nadal tak tersingkir, mungkin petenis Spanyol tersebut bisa mematahkan rekor Borg yang empat kali berturut-turut juara di Roland Garros. Dengan demikian, untuk sementara Nadal hanya bisa menyamakan rekor Borg, yakni empat kali berturut-turut juara di turnamen ini.

Perjalanan Soderling ke final:
Babak pertama: taklukkan Kevin Kim (AS) 7-6 7-6 6-2
Babak kedua: taklukkan Denis Istomin (Uzbekistan) 6-4 7-6 6-4
Babak ketiga: taklukkan 14-David Ferrer (Spanyol) 6-7 7-5 6-2 7-6
Babak keempat: taklukkan 1-Rafael Nadal (Spanyol) 6-2 6-7 6-4 7-6
Perempat final: taklukkan 10-Nikolay Davydenko (Rusia) 6-1 6-3 6-1
Semifinal: taklukkan 12-Fernando Gonzalez (Cili) 6-3 7-5 5-7 4-6 6-4

Sumber: Kompas.com

Iklan

Filed under: Tenis, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sabalong Samalewa

free counters

RSS Free Mp3

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Lintas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Terjemahkan Ke Bahasa:

Status YMku…

Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip Sport’s

RSS Tempointeraktif Sport’s

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Liga Indonesia

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Beritabola

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Link

Situs Resmi Formula 1 Flinst = Warnet Asyik di Sumbawa Blog Gado-Gadonya Tau Samawa Situs Resmi MotoGP Situs Resmi Liga Inggris Situs Resmi Liga Champions Situs Resmi PSSI Situs Resmi NBA Situs Resmi Chelsea FC Situs Resmi Inter Milan FC Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa Suzuki Sumbawa Situs Resmi Superbike World Championship ifa.com - Situs Resmi Federasi Asosiasi Sepakbola Sedunia www.espnstar.com - Situs Resmi ESPN
%d blogger menyukai ini: