Memasyarakatkan Olahraga Mengolahragakan Masyarakat

Panduan Sebelum Anda Menonton Siaran Langsung dan Berolahraga

Final Copa Indonesia 2009: Persipura Mogok, Sriwijaya FC Juara

PALEMBANG, KOMPAS.com – Sepak bola Indonesia kembali menorehkan kegetiran. Final Copa Dji Sam Soe Indonesia (CDSSI) 2008 harus berakhir dengan pemogokan pemain Persipura Jayapura. Persipura pun dinyatakan kalah walk out dalam kedudukan kalah 0-1 dari Sriwijaya FC, Minggu (28/6).
Duel bergengsi yang mempertemukan Sriwijaya FC sebagai juara bertahan dan Persipura sebagai juara Liga Super Indonesia itu memang menuai ketidakpuasan. Badan Liga Indonesia baru menetapkan Stadion Stadion Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, sebagai tempat penyelenggaraan pada awal bulan ini. Sriwijaya FC yang akhirnya lolos ke final mendapat keuntungan karena bisa bermain di hadapan pendukungnya sendiri.
Akhir buruk pada laga kali ini sangat berseberangan dengan awal pertandingan yang dibuka dengan seremoni meriah. Ratusan penari dilibatkan untuk mengawali dibukanya perebutan gelar juara musim ini.
Setelah peluit kick-off dibunyikan, pertandingan pun berjalan menarik. Kedua tim tidak ragu bertukar adegan keras untuk menghalau serangan lawan. Anak-anak Papua bermain cepat dan berulang kali melakukan tikaman melalui Boaz Solossa. Namun, kiper Sriwijaya FC Ferry Rotinsulu bermain baik dan berkali-kali menggagalkan upaya Boaz, David Da Rocha, maupun Ernest Jeremiah.
Dua menit sebelum istirahat, gawang Ferry kembali mendapat dua ancaman maut. Ancaman pertama datang ketika Ferry berupaya menangkap tendangan lambung dari sayap kiri. Tangkapannya tidak sempurna, tapi bola membentur tiang dan kembali ke tangan sang kiper. Semenit kemudian, tendangan bebas David Da Rocha menuju pojok kiri gawang. Kali ini Ferry berhasil menepisnya.
Di babak kedua, Persipura kembali menunjukkan serangan-serangan cepat. Namun, justru tuan rumah berhasil mencetak gol pada menit ke-51. Mohammad Nasuha mengirim umpan silang dari sayap kiri dan Anoura Obiora berhasil menanduknya di antara kepungan lawan.
Gol itu membuat serangan “Laskar Wong Kito” kian deras. Tak lama kemudian, sebuah kemelut terjadi di gawang Jendry Pitoy, namun anak-anak asuh Rahmad Darmawan gagal memanfaatkannya menjadi gol.
Persipura membalas kemelut tersebut. Pada menit ke-60, Ian Kabes berhasil mendapat bola di kotak penalti. Tiba-tiba Ferry datang dan berusaha menghalau bola, tapi gerakannya justru menjatuhkan Jeremiah. Bola muntah disambar oleh Boaz, tapi tendangannya mengenai tangan lawan dan keluar lapangan.
Wasit Purwanto tak meniup peluit tanda pelanggaran dan ini membuat kubu Persipura marah. Sejumlah pemain Persipura mendorong wasit dan mengakibatkan kericuhan di lapangan. Tim “Mutiara Hitam” kemudian mogok bermain sehingga laga dihentikan beberapa menit. Puluhan suporter Persipura turun ke lapangan dan membujuk timnya untuk kembali bermain.
Hingga 45 menit penghentian waktu, “Mutiara Hitam” tetap menolak melanjutkan pertandingan. Ketua Umum PSSI Nurdin Halid pun harus turun ke lapangan dan meminta keterangan dari wasit. Namun, tetap tidak ada keputusan dari sang pengadil.
Beberapa menit kemudian, Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin pun turun dari bangku penonton. Di lapangan, Alex mengimbau agar para suporter khususnya pendukung Sriwijaya FC untuk tidak melakukan keonaran usai pertandingan.
Dalam wawancara dengan stasiun televisi TVOne, Nurdin menyatakan kekecewaannya terhadap aksi mogok Persipura. Namun, ia juga memahami perasaan “Mutiara Hitam” yang merasa dirugikan oleh keputusan wasit. “Saya berikan waktu 15 menit (kepada Persipura untuk melanjutkan laga), kalau tidak ya peraturan harus ditegakkan,” tegasnya.
Setelah lebih dari satu jam penghentian, wasit memutuskan Sriwijaya FC sebagai pemenang.

Susunan pemain:
Sriwijaya FC: Ferry Rutinsulu; Charis Yulianto, Joel Tsimi, Ambrizal, Christian Warobay (Gerald Pangkali 40), Toni Sucipto; Zah Rahan, M. Nasuha, Obiora; Keith Kayamba, Ngon A Djam.
Persipura: Jendry Pitoy; Jack Komboy, Bhio Paulin, Igbonefo, Ricardo Salampessy; Eduard Ivakdalam, Imanuel Wanggai, David Da Rocha (Stevie Bonsapia 57), Ian Kabes; Boaz Sollosa, Ernest Jeremiah.

Sumber: Kompas.com

Iklan

Filed under: Copa Dji Sam Soe Indonesia, Sepakbola, ,

220 Responses

  1. eskey berkata:

    Sangat dimengerti jika disaat tertinggal 1 gol pemain Persipura kecewa dengan keputusan wasit yang tidak menyatakan adanya pelanggaran maupun handsball. Tetapi sangat disayangkan jika pertandingan yang menarik akhirnya tidak tuntas karena kubu Persipura memilih “menyelesaikan” pertandingan di luar lapangan.

    Jika kemarin saya sangat bangga dan salut dengan dua team tanah Papua, Persipura dan Persiwa yang konsisten menunjukkan keunggulan Sepak Bola Tanah Papua yang mengantarkan Persipura menjadi kampiun di Liga Super Indonesia, kali ini saya sangat tidak bersimpati dengan keputusan kubu Persipura mogok bermain ditengah-tengah partai puncak Copa Indonesia.

    Salut untuk coach Persipura Jaksen F Tiago yang menunjukkan sportifitas dengan memilih tetap berada di bench dan tidak “mengikuti” keputusan kubu Persipura untuk meninggalkan lapangan pertandingan.

    Selamat untuk Sriwijaya FC dan Coach RD.
    Salut untuk Coach Jaksen F Tiago, anda mengajarkan pada kita semua dengan menunjukkan bagaimana arti sportifitas bagi olahragawan sejati.

    • igho VB berkata:

      Saya rasa seorang anak apabila diberikan ketidak adilan dai ayah atau ibunya pastinya dia akan sangat kecewa,Persipura sudah bermain dan menunjukin kualitas permainannya akan tetapi kenapa wasit berbuat seperti itu.daripada dilanjutkan dan tambah dibuat kurang adil mending walk out,toh pemirsa yang menonton bisa mengambil nilai tersendiri dengan KUALITAS WASIT KITA.pertanyyaan kami sebagai supporter Persipura adalah:
      1. Apakah wasit tidak melihat ataukah wasit
      matanya buta,kalaubuta kenapa mimpin
      Pertandingan.
      2. FAIR PLAY yang rusakin dimana-mana di Indonesia
      bukan pemain atau supporter akan tetapi WASIT
      3.Apakah PSSI telah merubah peraturan sepakbola
      tanah air dimana pemain boleh memegang bola
      dalam kotak

    • Biee berkata:

      Sudah saatnya kita memberhentikan MAFIA WASIT, Purwanto sedikit lagi engkau bau Tanah.. jadi bersikaplah adil, Hanya Persipura yang berani memulai hal itu…!!!!

      Seluruh warga PAPUA mendukung tindakan PERSIPURA,

      saya sangat setuju dengan tindakan mereka membuang
      medali no 2, karena itu bukan hasil dari sebuah
      perjuangan yang adil.. saya lebih setuju lagi
      dengan beberapa pemain PERSIPURA yang mengundurkan
      diri dari TIMNAS INDONESIA

      satu hal yang perlu kita ingat :
      1 milyard tanpa 1 rupiah bukan 1 milyard
      Negara Indonesia Tanpa Papua bukan Indonesia
      Persepak bolaan Indonesia tanpa Persipura bukan apa apa
      dan TIMNAS INDONESIA tanpa putra papua akan Hancur..

      salam,
      THE CARACA, Persipuramania

      • najib nuna berkata:

        dasar otak orang papua masih primitif…
        tindakan yang tidak benar kok di dukung….

        • jimi rifkin berkata:

          dasar otak orang jawa,maunya tinggal di bawa kolong jembatan,usahakan dikit dong,biar bsa dpt khidupan yang layak,gimn dong…..malu2in nama indonesia aja kamu……

      • nesia berkata:

        Bung The Caraca
        jangan terlalu jauh lah ini urusan sepak bola jangan bawa bawa isu disintegrasi.
        kita semua memang marah dengan kinerja wasit tapi jangan bikin lebih lebar masalah-nya lah.

      • singa mania berkata:

        brow, setiap wasit pasti sudah tahu tentang peraturan sepak bola jadi jangan sok tahu.

        kan sudah dijelaskan oleh wasit bahwa bola yang mengenai tangan secara pasif tidak di kenekan pelanggaran.

        paham gak????

        kalau masih belum paham belajar dulu tentang sepak bola.

      • singa mania berkata:

        persipura kayak anak-anak,,

        • fuck u berkata:

          apa????? persipura cuma nuntun fair play,,,, bkan kyak anak-anak,,, dasar Indonesia ndak tau maen bola jdi taux maen curang ajja,, pantasan ndak pernah msuk world cup,,, 😛 fuck U

  2. Zippy berkata:

    Saya rasa itu sih wajar.
    Jelas keliatan banget wasit gak fair…
    Jadi, jangan ngomong fairplay kalo wasitnya aja gak fair.
    Kan keliatan banget tuh kalo wasitnya gak profesional.
    Selamat aja deh bwt Sriwijaya FC yang menang kontroversial.
    Selamat juga bwt Persipura yang kalah terhormat menurut saya…

    • Fredy berkata:

      sy s7 skali dgn pendapat bung zippy, seharusnya PSSI dan BLI malu karena dah mencoreng mukanya sendiri dgn kejadian ini.
      kenapa sih…? PSSI Pust tidak mau melihat persipura menang sih ? pd hal klo dilihat sepak bola indonesia bs maju krn talenta2 muda dr tanah papua.
      Hidup Persipura

      • jimi rifkin berkata:

        hiduppppppppppp.bknya pssi tdk mau mlht persipura juara,ttpi,pssi tdk mau rugi,krn persipura klu pegang dua gelar skalian,mo di taruh dmn muka team indonesia yang lain,bsa di ktkn mereka tdk mampu …..

    • zet H berkata:

      sbnarnya saya snng sriwijaya jadi campiun…tapi ngelihat tu wasit saya jadi g’ bangga dng kemenangan itu, hbz wasit yang gituan dipake di partai fial ,,, bodo amat

    • Ade berkata:

      Ini masalah.
      Bung, kita tidak bisa melepaskan kondisi dimana wasit juga seorang manusia biasa yang mempunyai keterbatasan dimana-mana.

      Saya menonton langsung di Jaka Baring pada saat final. Terus terang, saya sebagai pendukung SFC juga kecewa dengan wasit, kenapa? karena menurut “kami” pada saat itu, wasit sangat merugikan SFC. Anda perhatikan saja bagaimana wasit pada babak pertama.

      Oke, kemenangan SFC memang kontroversial tapi kekalahan Persipura jauuuuuuuuuhhhh dari kata terhormat. Itu kekalahan yang primitif.

      Saya di sini bukan membela SFC. Saya hanya kesal dengan Persipura dengan segala tetek bengeknya, jujur saja, pertandingan itu terlalu menarik untuk dihentikan begitu cepat. Setuju atau tidak, dari dahulu, pertandingan antara SFC kontra Persipura selalu dianggap “iklan” sepak bola Indonesia.

      -salam-

      • najib nuna berkata:

        saya setuju dengan komentar ADE…
        sikap primitip persipura masih sangat kental… jadi wajar kalo mereka ngamuk…

      • jimi rifkin berkata:

        sma sja,anda nntn lgsung jga anda tdk bsa mlht hal yang terjadi scara langsung di lpangan,apa gunanya hkim garis,ya untuk mmbntu wasit,spy mnjdi smpurna…kmra aja mmbuktikan dgn jels kok,,,tlg di telitih lebih dlm lgi…..

  3. Ayek berkata:

    Wow wow wow. . .Sangat disesalkan memang. .Knapa final yg semestinya seru harus brakir keruh seperti ini. .My comment,sewa ajah wasit dr luar buat pertandingan yg penting2 spti ini. .

    • jimi rifkin berkata:

      setujuuuuuuuu,wasit indonesia di jadikan ank gawang aja,skalian lihatin wasit luar pnya cara memimpin…..

  4. hendra berkata:

    wajar saja…wasit yang di pakai yang sudah mau pensiun. kenapa wasit tidak berdiskusi dengan hakim garis? keputusan sepihak penuh tanda tanya…?ada apa dengan wasit tsb????
    wasit tersebut kredibilitasnya perlu di pertanyakan…
    sungguh memalukan bangsa!!!!!!!!

  5. memalukan! padahal persipura statusnya kan jadi juara liga ISL..

    kalo gituh, bisa jadi degradasi kaya’ persebaya tuh..

    • andre BataX berkata:

      Jangan salahkan pemain Persipura ..
      Saya bukan pendukung persipura tapi saya simpatik dengan kejadian tersebut ..
      andai salah satu tim kesukaan kamu dilakukan seperti itu …
      apa coba yang kamu lakukan …
      lagian persipura tidak main saya yakin bukan karena pemainnya yang tidak mau …
      tapi paste ajah ada sesuatu…

    • igho VB berkata:

      Frend saya supoorter persipura,JUARA ISL di peroleh persipura dengan permainan sportif itupun karena wasit yang memimpin sportif,lebih baik di degradasi dengan terhormat karena bermain dengan fair play daripda memegang trofi juara karena di bela wasit

    • jimi rifkin berkata:

      emang bogo kamu billy,udah tau pimpinan klasent kok di suru degradasi,jgn buat aturan sendiri dong……

  6. rosyid berkata:

    Yaahhh…pemain indonesia memang harus lebih banyak belajar yang namanya SPORTIFITAS, siap menang dan harus lebih siap lagi SIAP KALAH…ini juga berlaku untuk pelatih & suporter..ini kunci sukses..iya nggak?

    • irwan berkata:

      iyo betul bung tp… klo wasitxa sendiri yg tdk sportif dan berpihak ke satu tim sma sja bkn pertandingan nmaxa

  7. daniel berkata:

    olah raga menjunjung sportifitas, jd penilaian saya persipura tdk sportif.
    selamat utk sriwijaya fc.

    • entex berkata:

      nich baru ketahuan BLI tidak adil.masa final copa di langsungakn di kandang sirwijaya.ini berarti sirwijaya yang mau di untungakan .bagemana persepak bolaan indonesia mau maju kalo hal-hal seprti ini tidak di rubah.tolong jangan ambil keputusan sendiri BLI.persipura adalah tim terbaik indonesia khusus tnah papua,yang mengeluarkan banyak bintang persepak bolaan di tanah air.kalo mau maju prsepakolaan indonesia jangan memandang perbedaan RASIO di sini

      persipura adalah tim terbaik indonesia.ayo persipura jangan mikirin tim kacangan sirwijaya.persipura permainanMU bukan level indonesia lagi tp level EROPA.ayo siap untuk di cempion asia.hidup persipura……………………..

    • daniel berkata:

      sportifitas itu yang sangat d junjung tinggi persipura, dan wasit tdak…

    • andi berkata:

      karena anda pendukung sriwijaya coba kalau sriwijaya yg dirugikan saya sih hanya penonton yg netral pasti ada apanya dengan wasit yg tdk prof ingin memenangkan sepihak saya setuju dengan tindakan persipura oye.

    • jimi rifkin berkata:

      mkn tu hadiah ketidak jujuran…biar puas…

  8. wny berkata:

    knapa gk nonton lg aja videonya.. biar kliatan siapa yg benar, siapa yg salah…
    tp emang sayang banget klo pertandingan terhenti..
    pdhl persipura jg pny peluang besar tuk menang loh..

  9. permadi berkata:

    Benar sekali si wasit memang GOBLOK dan sangat tidak pantas memimpin pertandingan Final, wasitnya perlu ditatar ulang sangat wajar bila Mutiara Hitam marah, tim manapun tidak mau dirugikan dengan keputusan wasit yang GOBLOK,….seperti itu dan tidak bertannya dengan hakom garis…, apalagi ini laga penting final…. sudah jelas banyak pelanggaran di kotak putih dan penonton yang melihat di TV seantero Indonesia juga melihat itu.

    yang lucunyanya lagi wasit yang goblok seperti itu mendapat penghargaan di akhir acara, sungguh ironis memang, inilah wajah persepak bolaan Indonesia. menjadi kesan yang Goblok juga Kemenangan Sriwijaya sungguh Anehh….tapi nyata

  10. havin berkata:

    bikin malau saja, makanya kalau buat keputusan pikir panjang wasit. Jangan karena di kandang Sriwijaya jadi gitu….pake otak donk,…kalau memang rasa tidak bisa jadi wasit jadi aja Supporter sriwijaya…..yang jelas masyarakat papua tetap bangga dengan bintang LSI…..
    Tolong juga buat PSSI. Ini jadi pelajaran buat PSSI supaya keputusan yang di buat apapun itu jangan membuat kontroversi. Jangan hanya katakan pemain harus profesional sedangkan kalian PSSI sendiri kurang profesional mengatur penyelenggaraan LSI maupun Copa. Bicara aturan, berarti kontras dengan pelanggaran.Tapi kalau pelanggaran sendiri serasi dengan aturan mana yang di bilang fair.
    HIDUP SEPAK BOLA NASIONAL

  11. Hardepi berkata:

    Apapun kejadian pada final COPA Indonesia, SRIWIJAYA memang pantas juara di lihat dari intensitas serangan dan peluang yang lebih banyak. Mental PERSIPURA terus terang SANGAT MEMALUKAN persepakbolaan Indonesia, bagaimana mau ikut Liga Champion Asia? hal ini perlu dipertanyakan lagi.
    saya mengusulkan kepada BLI agar pemain Persipura ERNEST JEREMIAH di usir dari persepakbolaan Indonesia selama 1 musim sebagai hukuman akibat tidak simpatik terhadap wasit karena dialah yang menjadi sumbu BIANG KEROK final Copa.

    • irwan berkata:

      W… GOBLOK… KO TW MAIN BOLA K TIDAK…
      knp pemain terus yg harus di salhkan… klo wasitxa sendri g’ netral alias dah di sumbat ma Rp.. wasitx tuch yg harus di tuntut….

      • jojo berkata:

        tp emang jeremiah dah klewatan tuch……. bukan masalah wasit or apa ? tp tiap kali protes slalu kurang simpatik ….

        • ciput berkata:

          jgn hny tau bcr byk!!!!!!!!!!!!!!
          tau main bola tdk????????
          klo tau blh bru bcr!!!!!!!!!!!!

          LUV U PERSIPURA
          PERSIPURA MAJU!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • daniel berkata:

      iY GoBlOk Ni OrAnG,,, Ndak PAndAI MeNiLAI PeRmaINan sEpAk BoLA y..
      Knapa JadI K pEMAin yang d sankut pautkan, Liat wasit na dunk…

    • igho VB berkata:

      hei bung kita lihat aja di champion asia persipura apa sejelek sriwijaya yang kalah memalukan dari tim asia lainnya

    • Permadi berkata:

      Wahhh, jangan banggakan sriwijaya dulu dong main dikandang sendiri wasitnya wasit bola voli bukan sepak bola, hands ball di biarin aja, bukannya mengunggkit waktu liga djarum dan main di papua sriwijaya di bantai 4-1 tuh

    • vatonie berkata:

      Biang Kerok?

      Fair Play adalah pemain yang handsball di kotak pinalti terhadap bola yg menuju langsung gawang yang tidak dijaga harus DIKARTU MERAH dan PINALTI, semua klub seluruh dunia pun akan kecewa dan marah kepada wasit PAYAH kayak gitu.

    • Bento M berkata:

      Wasit Purwanto, Nurdin Halid dan Alex Nurdin adalah satu paket kemunduran sepak bola Indonesia !
      1. Kenapa Jakabaring (kandang sriwijaya) jadi tempat dilaksanakan partai final ?
      2. Kenapa Purwanto yang harus memimpin partai final?

      Mari kita tengok kebelakang saat PILKADA Gubernur Sumsel…alex Nurdin dalam kampanyenya menjanjikan akan mempertahankan gelar yang telah direbut oleh Sriwijaya FC, hm..? ISL sudah tidak mungkin karena TIM TERBAIK-LAH YG BERHAK ATAS GELAR JUARA ISL, satu2nya jalan adalah Sriwijaya harus memenangkan gelar tersisa, yaitu Copa ! silahkan anda2 semua lanjutkan pemikiran ini sesuai opini masing2..

      Final Copa adalah partai terakhir yang akan dipimpin oleh PURWANTO. Entah apa yg ada dibenak Komisi Wasit saat menunjuk PURWANTO mengingat ada beberapa Wasit yg masuk dalam kategori terbaik dan sedang dalam tahapan penilaian, kenapa harus PURWANTO ??? Apapun yg akan dilakukan PURWANTO (baik atau buruk) sudah tidak lagi berpengaruh terhadap karirnya karena sudah masuk area ‘PENSIUN’, tidakkah komisi wasit memikirkan ini???

      Apa yang dilakukan oleh PERSIPURA adalah ekses dari apa yang mereka alami didalam lapangan, mari kita lebih bijak melihat ini.

      Ada apa dengan JAKABARING, ALEX NURDIN, NURDIN HALID, PURWANTO DAN KOMISI WASIT ???

      Mungkinkah Indonesia menjadi TUAN RUMAH PIALA DUNIA VERSI NURDIN HALID ???

      -Salam-

    • Nona berkata:

      BRAVO PERSIPURA!!!!
      Yang dilakukan PERSIPURA baik adanya spy mata PSSI dan seluruh pecinta bola g slalu dibodohin krna peraturan yg g jelas…Gmn mw maju p’sepakbolaan Indonesia..kalo PSSInya aja g tegas saat keadaan genting…
      Jelasnya we LuV U…PERSIPURA…GOD BLESS U TEAM..

    • Rifal berkata:

      Justru yg lbh memalukan adalah juara pemberian oleh wasit.

    • Rifal berkata:

      Justru yg lbh memalukan adalah juara pemberian oleh wasit

    • alex berkata:

      bener tuh.. kalo liat pertandingan Afrika Selatan melawan Spanyol kemaren ada kejadian handsball yg juga hampir sama..tetapi pemain afsel ga protes membabi buta kayak persipura koq..dan ga mundur secara tidak terhormat seperti yang dilakukan persipura..

    • cristiano ronaldo berkata:

      waduh kalo gitu kita ga usa main ,di indonesia paya wasitnya,,,,ntar kita bisa kalah dong,,,,persipura ajah kala apalagi kta…indonesia ajah yang main di inggris,,,,pake uanggnya sriwijaya fc,yang menang banci

    • cristiano ronaldo berkata:

      sriwijaya mau menang apa..? dapat bantah 3-1 dari persipura barooo,,,

    • eliza putri berkata:

      hajar be pemain persipura yuc…

    • jimi rifkin berkata:

      goblok bngt sih loe,nga tau main bola,omongnya gede…,

    • jimi rifkin berkata:

      emang goblokkkkkkkkkk bngt kamu,sma dgn wasitnya kmu…

  12. Miftah berkata:

    Saya Anak AREMA asli dari dulu mengidolakan “MUTIARA HITAM” disamping AREMA sendiri. Saya salut dengan penampilan anak2 Persipura, tapi dengan kejadian semalam agak sedikit kecewa, seandainya Persipura terus melanjutkan pertandingan kalahpun masih terhormat sudah dirugikan oleh BLI yang main di kandang Sriwijaya dicurangi oleh wasit itu tidak Fair. Itulah gambaran pengurus PSSI yang sekarang ini. Buat pengurus Persipura janganlah mendidik pemain Persipura sebagai “LOOSER” atau pecundang. Salut buat Jacksen F. Tiago. I love AREMA & PERSIPURA.

  13. Era berkata:

    Dlm sepakbola, keputusan wasit yg kontroversi adlh hal biasa, wasit kan jg manusia.. jgnkan di indonesia, di ajang internasional pun kdg wasit berbuat kesalahan. seharusnya kita bisa menerima segala bentuk keputusan wasit dgn sportifitas tinggi, bukan dgn aksi walk out spt itu. kpn kita bisa maju??
    Mgkn untuk ke depan kualitas wasit indonesia mmg hrs trus diperbaiki. Tp para pemain jg ttp hrz menghormatinya..

    • irwan berkata:

      spa jg yg bilang wasit bukan munusia tp wasit sejenis wasit purwanto tu wasit yang punya otak binatang…
      klo bisa jgn pke dia di semua kompetisi yg ada di indonesia… & dia lbh cocok mempin kompetisi gawang mini antar RT aja… huahahahahahahahah

    • igho VB berkata:

      itu betul keputusan wasit mutlak dan tidak dapat di ganggu gugat baik nasional atau internasional akan tetapi anda tidak boleh GOBLOK DAN BODOH kalau di internasional itu di kasuskan karena kamera merupakan bukti terkuat,mengenai permaina ini jelas tidak adil yang nonton di rumah aja bisa lihat bahwa itu handsball,jangan -jangan anda bukan hobo sepak bola akan tatapi hobi basket

    • niko berkata:

      pemain juga manusia boos,lo sakit hati yah harus kluar….!

  14. irwan berkata:

    ass..
    mas_mas wasit klo bsa pmpin yg netral dong.. / jgn-jgn mlutx udah di tutup ma Rp mkax.. g’ netral…
    trus u/ wasit purwanto klo bisa jgn dtg ke papua dech low mw selamat…
    & bwt Sriwajaya selamat tp sory i2 kmnangan memalukan sepanjang masa…
    & bwt PERSIPURA KALIAN TETAP YANG TERBAIK

  15. andre BataX berkata:

    TERCORENG …….
    Oleh seorang pengadiL …
    Itu juduL yang tepat untuk finaL terakbar di Tanah air kita ….
    Coba replay siaran ….
    yang paling kentara ketika Dipengujung babak pertama …
    jelas jelas Bola lagi melayang dari tendangan pojok …
    Purwanto langsung Niup Peluit …
    COba Lihat aturan kewasitan …..
    Trus kejadian hansball….
    coba perhatikan ketika kiper sriwijaya ingin ambiL bola ….
    itukan dari belakang ….walaupun kena bola…
    tapi tetep aja “bagian Betis (kaki belakang pemain persipura dolo di hajar)
    ditambah hans ball yang bener bener kentara …
    jadi Jangan Salahkan persipura semata …
    Tapi lihat kejadian sebelumnya ….
    Saya hanya bisa bilang Simpati pada Persipura..
    dan SEDIH + KECEWA pada WASITTTTTTT …
    Buat sriwijaya FC ( terasa hambar Piala kali ini )

    Ciayo Persib …. Ciayo Medan …
    Jiwa Raga kami ……

  16. wahyu am berkata:

    kayagnya banyak yang bilang wasitnya yang g fair nih 😆

    kalo saya mah netral aja dah.. 😀

  17. daniel berkata:

    knapa setiap pemain, wasit atau siapa pun itu jika ia mengatakan pertandingan terakhir/penampilan terakhir, dia berbuat sesuatu yang tidak pantas, kita dapat melihat Z.Zidane, dan yang baru ini, Wasit Purwanto. Mengapa BLI tdak memilih Jimmy Napitupulu????

    Saya mendukung Persipura,Hidup mutiara hitam…
    Saya mendukung kalian tuk mogok,..

    DAn mEmalukan BwaT Indonesia, smOga kASuS InI dapat terselesaikan, dan komdis tdak memberi sanksi berat kpada PERSIPURA,,

  18. irwan berkata:

    PERSIPURA IS THE BEST IN BAIK NASIONAL MAUPUN INTERNASIONAL
    POKOKNYA KO SAJA TRA DA YANG BLOK
    BRAVO PERSIPURA

  19. wibowo berkata:

    ketololan PSSI dan BLI kembali berlanjut dengan memilih std.jakabaring sebagai penggelar partai final……mskipun seharusnya pihak persipura jg dah setuju dan mau bertanding…..
    Persipura sendiri jg ga pernah mau dewasa dengan aksi keluar lapangan, padahal secara permainan aku yakin mereka sebenarnya masih bisa mengejar ketinggalan atau bahkan memenangkan pertandingan di waktu tersisa……tak ada alasan yang bisa dibenarkan untuk aksi tidak sportif mereka, kalau mereka mau berkaca bagaimana turnamen luar negeri bahkan sekelas piala dunia-pun pasti ada yang dirugikan tapi tak ada perbuatan tidak sportif dengan keluar lapangan…..maaf itu menurutku.

  20. dirga the jack berkata:

    Turut prihatin……

  21. ivo berkata:

    yang jelas wasit udah di bayar, kelihatan skali klu wasit berat sebelah. buat persipura kalian tabah yach…. ingat kalian pasti sukses di ajang internasional. god bless persipura… amin

  22. ivo berkata:

    persipura kalian pasti bisa lebih baik di champions asia… bantai smua lawanmu di LCA, kami dengan setia mendukungmu. BRAVO PERSIPURA… BRAVO PERSIPURA… BRAVO PERSIPURA…

  23. ivo berkata:

    SRIWIJAYA BELI COPA 2009 DARI WASIT DAN BLI…

    • ana berkata:

      Jangan fitnah, fitnah lebih kejam dari pembunuhan!!!

      • Rifal berkata:

        memang benar udh dibeli oleh Alex Nurdin
        coba tengok keblkng pd saat kampanyenya alex
        akan mempertahankan gelar ini(copa) itu katanya

      • ciput berkata:

        ko tau apa?????????
        ko bukan pengurus BLI!!!!!!!!!!!
        tau main bola???? hop sudahhhhh……
        jgn HNY tau BCR, JGN mulut besar aja!!!!!!!

        BRAVO PERSIPURA, KAM SAJA YG KERASSSSSSSS

  24. eka WH berkata:

    saya berpendapat bahwa tindakan yang diambil oleh kubu persipura tetap tak bisa dibenarkan karena telah mencederai nilai-nilai fair play dan sportifitas..bisa saja seorang wasit melakukan kesalahan, bahkan wasit sekaliber dunia pun tak luput dari kesalahan..dan saya berharap Komisi Disiplin PSSI dapat menjatuhkan sanksi baik itu tim yang melakukan mogok main maupun kepada wasit..agar kejadian serupa ditahun mendatang tak terulang lagi…bravo indonesia..dan selamat buat SRIWIJAYA FC, klub paling baik dan sportif di indonesia,…

  25. hartan berkata:

    PERSIPURA, ANDA ADALAH YANG TERBAIK DISAAT KOMPETISI PSSI BERJALAN, ANDA ADALAH CALON CALON PAHLAWAN BOLA TANAH AIR, ANDA ADALAH SATRIANYA DILAPANGAN BOLA, TETAPI KENAPA ANDA TIDAK BERJIWA SATRIA? PADAHAL ANDA ADALAH SENIMANNYA BOLA INDONESIA, LIHAT BETAPA SATRIANYA JACKSEN F TIAGO PALATIH ANDA YANG TIDAK TURUT CAMPUR KEPUTUSAN ANDA…..

    SALUT DENGAN TUAN RUMAH YANG TELAH MENYAJIKAN ACARA HIBURAN YANG SPEKTAKULER, TERUTAMA DUKUNGAN PEMDA DAN GUBERNURNYA.

    SELAMAT KEPADA TIM SRIWIJAYA FC, BRAVO UNTUK ANDA. SALUT JUGA KEPADA COACH RD YANG BERHASIL MENGEMBALIKAN PERFORMA TIM SFC.

    JACKSEN F TIAGO, DENGAN NAFASMU YANG TELAH DIBUMBUI HIDUP DI INDONESIA, SAYA MENDUKUNG ANDA UNTUK MENJADI PELATIH KESEBELASAN NASIONAL INDONESIA UNTUK MENGGANTIKAN POSISI BENDOL.

  26. hartan berkata:

    HAI PARA PENGGILA BOLA, HARAP DIMENGERTI, PARA WASIT PSSI KITA MEMANG JAUH DIBAWAH STANDART AFC, KENAPA? YANG KULIAH SAMPAI DENGAN S1 CUMA ADA BEBERAPA ORANG, LAINNYA HANYA MENGANDALKAN PENGALAMAN OTODIDAK YANG PALING CUMA TAMAT SMA? JADI WAJAR KALAU BANYAK YANG GOBLOK! ORANG PINTER DAK MAU JADI WASIT KARENA SUSAH. HONORNYA SIH GAK JELAS UNTUK HIDUPNYA. BAGUSNYA WASIT ITU DIAMBIL DARI TNI DAN POLRI, BISA TEGAS, LUGAS DAN DINAMIS. BAGAIMANA PAK NURDIN HALID? SETUJU?

  27. Yosef Christianto Rumbino berkata:

    bravo persipura…
    papua memiliki talenta yang tidak di miliki oleh hampir semua tim di indonesia… kerja keras, ketekunan, dan mau berjuang maskipun dalam kondisi yang tertekan… hal ini di nodai dengan wasit yang kurang baik… susah juga kalo liat wasit yang sekolah dan gak sekolah??? mungkin wasitnya gak dapat mata kuliah pancaasial kali?? parah wasit indonesia benar tuh harus sewa wasit dari luar yang berpendidikan dan punya mata TAJAM!!!

  28. charly berkata:

    kalo wasitnya yg profesional mungkin kejadian itu tidak akan terjadi !!
    mending BLI dan PSSI urus dulu wasitnya !!

  29. anjar berkata:

    Gue anak Jakarta
    Ga mau bela siapa2..cuma sepanjang laga TERLIHAT JELAS banyak kejanggalan..
    Menurut gw Wajar aja lah mereka kecewa
    – tendangan sudut utk persipura di menit terakhir babak pertama..bola masih melayang kok tiup peluit? Kata nya wasit terbaik?
    – pelanggaran fery(kiper) sfc..yg menjatuhkan pemain persipura…purwanto bergeming..
    – hands ball tsimi..purwanto cuek
    – jeremiah protes..purwanto kasih kartu merah..
    Hebat kan yg kata nya wasit terbaik indonesia..
    Akhirnya Purwanto pensiun dgn pesangon yg lumayan dengan muka tercoreng.
    Menurut gw Wasit paling oke cuma 1 bung jimmi napitupulu
    Kayak nya Perlu diusut nih..gimana mau sepak bola mau maju?

  30. Toni berkata:

    Saya sangat kecewa dan sedih melihat perkembangan persepakbolaan yg ada di bumi indonesia ini….pertandingan final copa Indonesia tahun ini kelihtan sarat KOLUSI dan NEPOTISME…masa pemainnya dituntut utk sportif & hrs bermain scr fairplay sedangkan badan yg menaungi persepokbolaan kt ykn: BLI&PSSI tdk adil dlm menyusun jadwal pertandingan dan jg Panitia khususnya Wasit…sebgai pengadil lapangan sgt tdk menujkkn
    profesionalismenya…tdk cocok utk memimpn
    pertndngn sekelas sprt COPA maupun ISL. coba replay pertandingan final copa 2009..pasti byk skl kejangalan2/yg seharusnya tdk dibuat olh sang pengadil ini…yach..tapi apa blh dikata nasi sdh jd bubur…many yg berbicr…lbh baik trima yg haram drpd yg halal…tapi tunggu…pasti ada pembalasanya…cepat atau lambat…dan kelihatan skali wasitnya sprt grogi pd saat ditanya.tdk mmbrkn komntr..dr roman mukanya kt bs tau bhw dia tdk profesinal & sdh di sogok…..Itulah Ikon persepokbolaan Indons….saya pribadi salut buat PERSIPURA…teruskan goyangan yospanmu…pasti kau akan terkenal di ajang internasional….dan bersiaplah utk ikut piala ASIA…ukirlah prestasi..sebanyak2ya…agar orang2 Indonesia tau bahwa org2 PAPUA punya harga diri…jgn hanya di pakai sbg tameng sj…barovo PERSIPURA bravo…PAPUAKU….MERDEKA>>>AAAAAA>>>>>>>>>>>

  31. Fhilip berkata:

    hati2 aja untuk wasitnya kaka donk tunggu

  32. Fhilip berkata:

    Selamat buat Sriwijaya tpi Kemenangan kalian
    sangat disayangkan Ngk murni…karena Masyarakat..
    SEIndonesia juga tahu Klu WASITTT PURWANTO tuuuu dibayar jdi yg pasti…
    PERSIPURA SELALU DIHATI!!!!

  33. Mr.Goal berkata:

    wasit indonesia emang bnyak yg tak pantas jd wasit, maunya d laga final kyk gtu undang wasit luar aja…
    pecat aja tu wasit2 yg tak berkualitas
    klo nggak, sepakbola indonesia gk akan maju2

  34. damed berkata:

    HA3X………. TULISAN COPA TENTANG FERY SAJA SUDAH SALAH MALAH MAU BUAT NEH POSTINGMAIL<<hapus saja mas……..
    SRIWIJAYA TAKUT PERSIPURA MAKANYA MAEN DI KANDANG WONG EPET..PSSI Love Sriwijaya Coz sama2 dari Indonesia Barat……..
    yang benar itu Fery dengan sengaja menghadang laju ian kabes dengan menjatuhkannya padahal di rekaman ulang bola tidak sepenuhnya di tahan fery namun fery terlihat mau menjatuhkan ian agar gol tidak tercipta, dan bola pantul di manfaatkan Jeremias namun malah dihadang SIMI (Sriwijaya) dengan sengaja menggunakan tangan..(LIHAT BAIK2 HASIL REKAMAN ULANGNYA!!!!) eh malah jeremiah di kasih kartu merah!!! dari awal wasit udha di bayar tuh………jadilah orang Indonesia yang adil menurut sila ke-4 agar tidak ada pemberontakan….Indonesia Barat banyak KKN,S***.

  35. aris berkata:

    jangan terlalu bangga dgn kata sportifitas, fairplay, peraturan harus ditegakkan….dsb, kalau benar2 mau menegakkan peraturan…harusnya hangball…itu pelanggaran…harus ada hukumannya dong….itu baru namanya sportifitas…fairplay dan peraturan telah ditegakkan…..kok yang terjadi malah sebaliknya…aneh….aneh….?

  36. plmbng asli berkata:

    yang pntng sriwijaya mng ,.. serah lah kamu nak ngmng ape…ngiri ?? emng wajar kalau kalian ngiri semua. PRIMITIF !!! itu yang pantas untk prsipura khusus nya offsial nya.sngat g pantas main d LCA.GAK ADA MENTAL.

    • victory berkata:

      pertandingan kemarin itu sbnarnya pertemuan antara MANTAN NAPI sklgus reunian jadi wajar persipura WO realistis aj d…

      4 hal yang perlu BLI/PSSI/BANGSA INI TAU tentang aksi WO persipura:
      (1).ketidakadilan yang dialami persipura adalah sisi lain dari ketidakadilan yang selama ini dialami dan dirasakan oleh orang papua dalam NKRI.BLI seyogyanya melihat kasus WO Persipura secara proporsional.sportifitas harus datang dari berbagai komponen dalam laga yg berlangsung. WASIT?(purwantokan,udah tuk terakhir mimpin pertandingan itu makanya nyari duit haram buat dihalalkan)
      (2) untuk BLI ingat bahwa keputusan BLI-PSSI yang menutup mata terhadap alibi WO persipura, akan menjadi preseden buruk untuk orang papua terhadap kesatuan bangsa.
      (3) untuk RD (Rahmat Darmawan),ingat bahwa PERSIPURALAH yang membesarkan anda – jangan dibalik, secara kualitas-persipura berada diatas SRIWIJAYA terbukti dengan hsl yang ada sllu tidak memuaskan.Terakhir SRIWIJAYA kalah mutlak 4-1 dari persipura.
      (4) UNTUK BENDO, tidak usah ngomong banyak deh!sebaiknya ngaca.Lupakah bhwa anda pernah WO!!!pertanyaan saya bagaimana hasil PSSI yang anda tangani??kayaknya PSSI tidak mampu lagi untuk membiayai pelatih asing maka “AKAR2 BENDOpun” digunakan.Camkan bahwa sistem pembinaan PERSIPURA perlu dicontoh, karena tidak pernah kekurangan STOK (oh ya lupa!pelatih lokal buat PSSIpun ngk ada yg berkualitas,kalopun ada mungkin PSSI ngk mampu bayar karena sistem yang BOBROK dalam BLI-PSSI)

      :buat sriwijaya fans club kami tunggu di mandala ato mungkin sbaiknya di t4 netral saja,jadi kita bisa tau siapa yang rela mati demi tim kebanggaanya.hanya persipura yang bisa datangkan 300 org ke jakabaring lengkap dgn atribut blackpearly, bagaimana dgn sriwijaya bisa datangkan lebih dari 300 org pasukan berani mati ke mandala??kami tunggu

      victory
      (backup NM/ST)

    • rey berkata:

      lo gila y………….cb lo yg ada maen di situ…jauh2 dari papua hnya untuk di kcwakan wasit……….percuma mw maen lg,mending mogok az !!! ITU BRU NAMANYA MENTAL JUARA !!!!

  37. persipura mania berkata:

    bwat damed , klo ngsih koment jgan ksih foto. pantes aja s dukung persipura yg udh tahu2 slah ,
    krena muka s mirip ernest jeremiah.hati dan muka sama kotor nya.haahahaha ,….

  38. aldi berkata:

    Gimana mau becus pertandinganngan…..???
    Ketua PSSI Nurdin Halid Mantan Napi yang terkenal karena kasus Korupsi / tukar guling apalah yang notabene udah ketahuan moralnya bejad……..
    Andi Darusalam adalah salah satu orang yang bertanggung jawab dalam mengurus Lapindo,
    PSSI kuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu…………… mau dikenakan lagi, kalo yang mimpin organisasi ini adalah orang-orang yang sudah ketahuan moralnya bejad……..
    BANSAT ANJING SEMUA YANG DUDUK DI KEPENGURUSAN PSSI

  39. aremania anak gunung berkata:

    menurut SAYA sepakbola kita memang udah perlu reformasi, mulai orang-orang di PSSI,BLI,mangement bola,dll. pokoke semua. hal ini sudah sangat sering terjadi, kita tidak bisa hanya menyalahkan wasit. tetapi ketidak tegasan PSSI & BLI dalam menerapkan hukuman terhadap pelanggaran-pelanggaran di sepak bola indonesia yang menyebabkan hal ini terjadi. akan tetapi
    menurut AYAS KER, selama ini persipura tidak terpantau apabila bertanding di papua, jarang sekali pertandingan home persipura disiarkan secara live di TV, mungkin saja selama ini tim-tim yang bermain di sana banyak “dikerjai” dadi ini adalah hukum alam. salam utas awij gawe aremania sak indonesia. aremania anak gunung.

  40. Bor-neo berkata:

    Menang Wo aja bangga,
    Pertandinga ga adil…. aneh, masih banyak stadion2 yang layak… knp maen dikandang musuh.
    Kapan bisa maju sepakbola kita..
    Trussss….
    wasitnya juga aduhhhh …. sakit hati nontonnya.

  41. agung berkata:

    saya orang jakarta, saya pendukung persija. saya mengomentari tanpa berpihak kepada masing2 pihak. saya ikut prihatin dengan apa yang terjadi dengan persipura namun menurut saya sriwijaya fc pantas memenangkan pertandingan karena untuk lapangan final copa tahun ini yang di adakan di glora jakabaring palembang sudah ditentukan jauh sebelum final diadakan. jadi sriwijaya fc mendapatkan nilai tambah karena berhasil masuk final. jika sriwijaya fc tidak masuk final pun, pertandingan tetap akan di adakan di glora jakabaring. pada proses pertandingan, walaupun terlihat beberapa pelanggaran namun dalam kasus hands ball, saya rasa persipura terlalu berlebihan dengan WO dari lapangan karena banyak pemain baik itu dari pihak sriwijaya maupun persipura yang berada di lini belakang sriwijaya fc yang menurut saya akan sulit bagi wasit untuk melihat apakah itu hands ball atau tidak. di tambah lagi dengan unggulnya sriwijaya fc 1-0 secara murni memperkuat bahwa ia pantas dan sangat layak menjadi juara copa indonesia. didalam olahraga, apapun bisa terjadi pelanggaran. saya beri beberapa contoh: 1. maradona mencetak gol dengan tangan. 2. messi mencetak gol dengan tangan. jika wasit tidak melihat, maka itu di anggap sah. jika persipura merasa merekalah tim yang terkuat untuk memenangi copa indonesia, maka bertarunglah sampai akhir. melihat kejadian itu saya jadi bertanya-tanya:
    1. apakah persipura sudah frustasi dengan pertandingan itu?
    2. apakah persipura tidak sanggup untuk membalas gol dari sriwijaya fc?
    3. apakah persipura hanya menginginkan pelanggaran yang dilakukan sriwijaya fc melalui pinalti untuk menyamakan kedudukan?
    4. apakah pelanggaran itu merupakan peluang terakhir yang bisa persipura lakukan untuk menyamakan kedudukan?

    jika mereka sanggup membantah semua pertanyaan saya, maka seharusnya mereka terus bertanding.
    karena sisa waktu masih banyak.
    saya rasa untuk tim yang kuat seperti persipura tidak akan melakukan WO dan tidak akan melakukan protes yang berlebihan.

    saya walaupun bukan pendukung persipura malu melihat kejadian ini. sangat tidak mencerminkan suatu profesional kerja. mereka dibayar hanya untuk walk out belaka. sungguh memalukan!

    selamat buat Sriwijaya FC, walaupun kemenangannya telah dinodai, namun dalam olahraga, pemenang tetaplah pemenang.
    salut jg untuk supporter sriwijaya fc yang tertib. jika pertandingan dilakukan di kandang persipura, mungkin hal ini akan menjadi bencana.

    TETAPLAH EKSIS DAN SPORTIF PARA PESEPAKBOLA INDONESIA…
    JAYALAH COPA INDONESIA!!!

    agung.
    supporter PERSIJA Jakarta.
    jakarta.

    • Rina berkata:

      STOP …..
      JGN PADA MARAH-MARAH SEMUA,,,,
      MARI KITA FLAS BACK…
      ………………..

      DIMANAPUN PERTANDINGAN TIDAK LUPUT DARI KESALAHAN….
      TAPI APAKAH BENAR PEMAIN BOLEH MENABRAK WASIT BILA TIDAK SEPENDAPAT SEPERTI YANG DILAKUKAN OLEH..PEMAIN PERSIPURA>>????

      BILA INI PERTANDINGAN KELAS DUNIA…..
      PEMAIN PERSIPURA BAKALAN LANGSUNG DIKELURAKAN DARI PERTANDINGAN….
      ………………….LIHAT…

      KENAPA HARUS MENINGGALAKAN PERTANDINGAN…..
      TERUSKAN SAJA….. DAN LIHAT APAKAH MEREKA BISA MENGEJAR KETINGGALAN….
      BUKTIKAN PERSIPURA BISA……

      KALO PERSIPURA MEMANG BISA DAN INGIN MENJADI DOUBLE WINNER YANG TERHORMAT SEPERTI YANG DIDAPAT OLEH SRIWIJAYA TAHUN LALU….

      TAPI SAYANG SEKALI………
      PERSIPURA LEBIH MEMILIH WO DAN TIDAK MEMBIARKAN SRIWIJAYA FC MENAMBAH POIN UNTUK KEMENAGANNAYA,,,

      SALUT UNTUK SRIWIJAYA FC YANG MENUNGGU DI PINGIR LAPANGAN UNTUK MENERUSKAN PERTANDINGAN……

      SAYA RASA DGN BEGINI SAJA KITA SUDAH TAHU SIAPA PEMENANGNYA…….

      YANG MENDAPAT 2 MILYAR DARI NIAT SPORTIF UNTUK BERMAIN DAN MENERUSKAN PERTANDINGAN….
      SAYA HARAPA PERSIPURA LEBIH DEWASA,,,,
      KATANYA AKAN MENJADI WAKIL INDONESIA….
      BUKTIKAN PERSIPURA…
      PERBAIKI DIRIMU…
      MANA NIAT MU UNTUK BERMAIN,,,,

      SELAMAT YANG SEBESAR2NYA UNTUK TIM KEBANGGAN SRIWIJAYA FC….
      DAN SPORTERNYA LASKAR WONG KITO YANG DAMAI HINGGA AKHIR PERTANDINGAN,,,
      UNTUK STADION YANG MEGAH DAN DIDUKUNG OLEH SEMUA PIHAK ATAS ACARA YANG MENAKJUBKAN LAYAKNYA PON DIPALAEMBANG TAHUN 2004.
      U/ GUBERNUR SUMSEL YANG LANGSUNG MENENAGKAN LASKAR WONG KITO….
      MAJU TERUS SRIWIJAYA FC KAMULAH YANG TERBAIK…
      PERSIPURA ,,,
      MASIH ADA WAKTU UNTUK MEMPERBAIKI DIRI DAN BERSIKAP DEWASA,,,,

    • jimi rifkin berkata:

      yo,ko pu team persija jakarta ada msuk final lsi/copa jdi,ko bicara bnyk,goblok sma dgn ko pu team tu…

  42. vina.lv.persipura berkata:

    agh,, dsar wasit mata buta,,,
    uda jlas” slh,,, bqin tampang tdk b’dosa agy,,,
    wasit” begi2 dpt” d jayapura sni 2h,,,, beeh,,,

    Sriwijaya bangga akn kmenangan yg gg fair,,, huft,,,
    wlwpun hrus b’akhir gni,,,
    tpi, sa bangga m PERSIPURA,,, 🙂

  43. andrewiwanto berkata:

    Wah kalo PSSI nya ga diganti, 1000% ga akan maju sepakbola indonesia..di jamin

    kita kerusuhan di Kediri, samapi ad sangsi itu karena ya tau sendirilah sudah dipesan wasitnya.

    wong kita Aremania itu kalah di kandang kalo memang maen team lawan bagus ya gpp.

    klo Pengurus PSSI kayak gitu ya susah dech…
    REVOLUSI PSSI
    REVOLUSI PSSI
    REVOLUSI PSSI

    REVOLUSI PSSI

    Salam Satu Jiwa AREMA

    http://andrewiwanto.wordpress.com

  44. Jetro Marandof berkata:

    kawan menurut aya itu so betul. Keputusan yg diambil oleh saudara kita Persipura tepat dan tidak ada sedikit pun ! kesalahan. kesalahan ada pada wasit alias hakim dan pemegang kekuasaan tertinggi dalam Meja bundar alias Lap Bola, yang memandang dengan sebelah mata “tidak benar” yang ragu menjatuhkan palu alias finalti,akhirnya apa yg terjadi so terlambat; karena merasa dirugihkan. bukan berarti takut dan mudur dari perang copa 2009, ini harus terjadi agar jadi pelajaran kedepan lebih baik.akhirnya final copa 2009 ine 100 % kecewa berat. wasit ko dapa bayar kapa?????…???

  45. blaXter berkata:

    Betul bung Agung, penetapan Jakabaring sbg tuan rumah final Copa ditentukan jauh2 hari. PSSI dan sponsor tentu ingin menampilkan final yg benar2 enak ditonton, salah satu faktor pendukung adalah lapangan yg berkualitas.
    Kedudukan ketika Persipura WO adalah 1-0, hmmm… sy tdk dpt membayangkan jika kedudukan masih 0-0. Betapa besar kepala mereka…
    Buruk muka cermin dibelah, sportivitas “masih” merupakan harga yg mahal di negeri ini… 😦

  46. kabariberita berkata:

    anehnya seharusnya nih finala da ditempat netral bukan disalah satu tim yang bertanding ya jelaslah tuan rumah bakal diuntungin

  47. rosid berkata:

    kl menurut saya persipura rugi besar dgn mogok bermain.. krn persipura masih banyak kesempatan utk memenangkan pertandingan ini. apapun keputusan wasit itu mutlak.. artinya kita harus menerimanya walaupun kurang adil, masalahnya ada rekaman videonya kl emg wasit itu bersalah pasti akan ada hukumannya.. apalagi sekarang alat udh sangat canggih. persipura sebaiknya jangan kebanyakan menggunakan otot…tapi gunakanlah otak.

  48. reno berkata:

    buat agung sang d jack mania….gw juga d jack ciputat ni bro.. tapi bokap gw flores, gw mau nanggapin coment loe yg so tau ..

    loe liat babak pertama berakhir gimana ?
    saat bola di sepak dari korner.. pemain persipura mau nyundul tiba2 pluit babak pertama di bunyiin sama purwanto. tapi mereka masih tetep mau main kan??

    kesempatan ke-2 .. handsball telek2 tu bro, bola hujam gawang lawan langsung tapi di belokin pake tangan, jangankan pinalti, korner aja ga di kasih purwanto.. gila itu men..

    Persipura pasti bisa buat kesempatan goal lagi..tapi.. mungkin gol murni pun akan di anulir sama wasit.. jadi buat apa di terusin coy klo hasilnya dah di politisir..

    di terusin juga percuma, jeremiahnya di kartu merah, keadaan dah timpang.. kita nyang nonton juga dah maleslah.. petandingan kemarin itu ketat banget bro. jadi wajar lah mereka ngndurin diri..

    klo wasit ga liat ok2 aja.. tapi bola itu jadi berubah arah hampir 90 drajat setelah kena bek sriwijaya,, pasti kan minimal korner dia kasih,, masa out gawang..

    jadi seakan wasit sangat takut bola di daerah pertahanan sriwijaya..

    klo persija di perlakukan kaya gini .. kita juga pasti dah berang banget juga bro…

    klo selamat ya selamat lah sriwijaya, tapi juaranya kurag plong lah 😀

  49. reno berkata:

    buat blaxter ..

    jangan so toy men.. final itu tempatnya bukan jauh2 hari di tentuin di jakabaraing :p
    jadi jangan komentar asal2an yah :p
    ini liga indonesia coy.. bukan UEFA..
    persija aja 2 hari lagi mau main bisa2 baru turun ijin dari POLDA nya 1 hari sebelom pertandingan :p

    klo loe mau tau.. tanggal 14 juni di tentuin tempat final Copa dji sam soe Indonesia 2009..
    pelatih DELTRAS saat itu kecam keras di putusinnya di minta jangan di sriwijaya karna pasti memberatkan persipura.. akhirnya kejadiannya bener kan .. ga bers 😀

    jangan asal coment ya agung .. yg ga tau jadi ikut2an so toy nanti :p

    • rosid berkata:

      reno…saat wasit purwanto mau nanya ke hakim grs pemain persipura udh nyerang duluan. dia ga diberi kesempatan. lo jack mania gadungan…… coba kl posisi persipura udh menang 1-0 dlan,ga bakalan dia walk out. yg jls persipura terlalu sombong!!!!!!!!!

    • blaXter berkata:

      Hehehe, Lucu jg loe Reno, kalo dianggap bakal memberatkan Persipura kenapa pelatih DELTRAS yg kecam keras??? Kenapa tidak Jacksen???
      “Jacksen pun tak mempermasalahkan partai final di gelar di kandang Sriwijaya FC yang dapat memompa semangat Sriwijaya FC. “Penonton mau sebanyak apapun dan mau berteriak sekeras apapun, tetap pemain yang ada di lapangan yang bisa mencetak gol bukan penonton. Saya mengingatkan kepada pemain tinggal tutup telinga saja dan bermain seolah-olah mereka semua mendukung Persipura,” kata Jacksen dlm sebuah wawancara dgn harian Analisa…
      *Oh ya saran gw sering2 jg ntn UEFA atau Champion cup. Tuh terakhir Chelsea vs Barca kejadiannya jg hampir sama seperti ini… :p

    • aneh yaa berkata:

      aduuuuh reno.
      aku kasian bgt ama kamu.
      ga pernah baca koran yaa?
      std. jakabaring itu sudah lama d tntukan.
      sblum SFC mlawan Persibo.
      saya yg orang luar saja tau. 😀

  50. Billy berkata:

    Dalam regulasi FIFA, beberapa point penting harus diperhatikan dalam penerapan status pelanggaran.

    HandsBall : dinyatakan pelanggaran apabila tangan pemain dalam posisi aktif atau menuju bola. baru dinyatakan tidak pelanggaran apabila tangan pemain tidak bergerak menuju bola melainkan bola yang menuju tangan pemain.

    offside : dinyatakan sebagai pelanggaran apabila pemain yang dinyatakan offside menyentuh bola. tapi jika yang menyentuh bola tersebut adalah pemain lain yang dalam posisi clean atau tidak offside maka tidak bisa dinyatakan sebagai sebuah pelanggaran offside

    sayangnya orang2 di Indonesia belum sepenuhnya mengerti tentang peraturan ini sehingga selalu mempersalahkan wasit dan merasa dirugikan.

  51. Billy berkata:

    mohon maaf bagi siapapun yg protes mengenai penentuan tempat final

    akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diklarifikasi. koran2 di palembang sudah menyebutkan penentuan tempat final bahkan sejak sebelum Sriwijaya FC bertemu dengan Persibo.

    wasit sudah akan memberikan corner kick pada persipura pada pertandingan final, tapi terlanjur dia didorong oleh pemain2 persipura. dan satu hal lagi, pada babak pertama ada hal yang tidak ditayangkan di TV yaitu Handsball pemain persipura di kotak terlarang yg juga tidak digubris wasit. ini lah fakta yang kami lihat langsung melalui tribun Gelora Sriwijaya.

  52. Raffy berkata:

    Bravo Sriwijaya!!!

  53. Raffy berkata:

    Bravo Sriwijaya!!! I Love sriwijaya forever, thanks to Sriwijaya mania.

  54. Raffy berkata:

    Para pecinta sepak bola se Indonesia, sebelum kita berkomentar seharusnya kita melihat dahulu apa permasalahannya?
    1. Mengapa even tersebut diadakan di Stadion Jakabaring Palembang?
    2. Mengapa Pemain Persipura melakukan WO saat pertandingan sedang berlangsung?

    pertanyaan pertama banyak yang belum mengetahui pokok permasalan tersebut. saya akan menjelaskannya secara terperinci disini:
    1. even tersebut ditetapkan di Palembang jauh sebelum SFC menjadi finalis di Copa.
    2. diadakan dipalembang karena hanya stadion jakabaring yang memenuhi persyaratan diadakannya final copa mengingat stadion besar lainnya tidak mendapak kan izin dari instansi yang berwenang.
    3. diadakan dipalembang karena dukungan dari masyarakat, pemerintah dan aparat keamanan setempat.
    4. situasi keamanan kota palembang, kita tahu situasi keamanan kota palembang baik mengadakan even dalam maupun luar sangat kondusif.
    5. watak suporter. ingat suporter palembang sangat fair, itu dibukti kan selama ini.

    sekarang mungkin yang anda harus pikirkan yaitu?
    1. Apakah stadion lain memenuhi persyaratan untuk mengadakan even nasional?
    2. Apakah para suporter tidak pernah berbuat anarkis. (Bagaimana jika di adakan distadion lain yang selama ini di cap selalu berbuat anarkis.
    3. Mengapa sampai2 aparat keamanan tidak memberikan izin tsb? (Mungkin aparat keamanan sudah trauma)

    Sekarang apa yang anda pikirkan? thanks tuk balasanya? semoga kita bisa membangun sepakbola yang bisa dinikmati bersama.

  55. reno berkata:

    inget tim timur tengah yg walk out lawan timnas indo ga tahun lalu…
    hihihi,,, wasit salah ya salah lah.. tim timur tengah aja WO koq lawan indo di piala kemerdekaan :p oon loe..

    loe liat ga gimana ngamuknya drogba sama ballack pas akhir pertandingan… fuckin gasgrine katanya ,, ha3
    tapi ngamuknya pas akhir pertandingan kan , seakaan barca menang fair kan.. padahal.. kacrut ..

    Persipura mungkin bisa liat itu ,, mending stop di tengah pertandingan.. dari pada di terusin juga kalah ..

    pelatih deltras itu ga punya kepentingan brur antara papua dan palembang.. bisa ngomong gitu.. klo yg gw bilangin jackson yg ngomong ya wajar lah ..
    persipura bahkan dah ngirim surat keberatan resmi kan ke PSSI ? tapi di tanggap ga ? susah ngemeng sama org bego.. :))

    lo tanya sama pendiri2 d jak,, siapa wakil kordinator d jak tangerang.. gimana gadungannya…

    kita walau pernh ada masalah sama persipura tapi fair lah bro.. klo persija yg di gituin sama wasit.. gw bantai tuh wasit,, he3

  56. reno berkata:

    rosid : gimana ga mau nyerang bro.. koner kick aja ga di kasih gitu.. minimal gak hand ya korner lah//

    bola berubah arahnya keliatan banget itu cumi..
    dari lurus belok tajam…

    klo persija yg di gituin.. hmm.. ga bakal bisa liat ibu kota indonesia lagi tu wasit..

    bravo persija.. bravo ganti pengurus PSSI semuanya sampe wasit2..
    klo perlu pake wasit luar semua.. atau hanya pake 1 wasit jimi aja klo lokal..

    • Biee berkata:

      gimana mau pake wasit luar ???
      ga ada duit kok ….
      perlu bantuan persipura ?????
      hahahahhahaha…..

    • jokko berkata:

      Jangan cari-cari kesalahan orang coy… lo ngomong gitu karena lo ngedukung persipura kan? lo ngomong kayak gitu dong di tempatnya pendukung sriwijaya. orang kayak lo yang bikin indonesia gak maju.

    • najib nuna berkata:

      emang anak d jak punya mental mau mulul mwasit…?
      liat tikus aja loe langsung nangis….
      hahahaha….

  57. yohan berkata:

    wasit perlu di pertanyakan…
    ingat dia baru saja di periksa kasus dugaan korupsi di kediri awal juni..akhir juni ini malah jadi wasit final copa..?

    memang susah pssi mau maju, dari petinggi sampai wasit di huni orang2 bermasalah kasus korupsi sampai mantan narapidana….
    saya pikir ada benarnya jika banyak orang di papua tidak merasa bagian dari nkri…bahkan malu jika di bilang bagian nkri…

  58. ALLEX berkata:

    IA MEMANG ORANG PALEMBANG FAIR,TAPIMREKALICIKDARI DALAM…MEREKA SOGOK WASIT SEBESAR 500JT,COPA 2008 MREKAMEMBAYAR PELATIH RAJAH ISA 2 M… DASAR ORANG LICIK…ORANG PALEMBANG KAPALA KORUPSI,KOLUSUSI & NEPOTISME, SAYA MEMPUNYAI TMN ORANG PALEMBANG KARAKTERNYA SAMAPERSIS SEPERTI APA YG SUDAH SAYA CERITAKAN DI ATAS…MAKANYA SAMPAI SKG SAYA TIDAK MAU BERTEMAN DGN DIA LAGI… DASAR ORANG LICIK..

    • Rina berkata:

      untuk allex kita lagi ngomongin bola nih yg bawa2 suku orang,,,,,

      lagian kita tidak tahun persis apa yang terjadi di belakangnya….

      yang dari tadi diributkan adalah SPEKULASI..

      saya tidak memihak siapapun…..

      bila ini terjadi di jakarta dan kamu akan bilang orang jakarta gitu semua…
      seperti yang kamu katakan u orang palembang,,,,
      berani kamu?????
      untuk palembang tidak dipulau jawa jika tidak kamu akan diprotes oleh orang palembang..
      YANG PALING JELAS ADALAH KAMU MEMFITNAH ORANG…..

      pikir lagi bung..
      jgn kelewat emosi..
      berikaplah profesional….

      sriwijaya fc dan persipura adalah tim hebat kebanggan indonesia…

      Mau orang sumtra kek, jawa, sunda, papua sekali pun kita ini bersaudara…

      perbedaan kita menabah khasanah indonesia…
      smoga kejadian ini menjadi pelajaran untuk kita semua……..
      SARAN SAYA:
      kamu klarifikasi dgn apa yg kamu tulis,,
      dan jgn pernah lgsung menghakimi suku manapun….
      gimana kita mau maju klo kita sendiri kurang rasa persatuan….
      baik sriwijaya fc maupun persipura mereka adalah pemenang karena sudan sampai final…

      HANYA SAJA YANG TERBAIKLAH YANG MENJADI JUARA..

      salam peace
      dari rina
      bandung

    • najib nuna berkata:

      gila loe ALLEX…
      Emang Orang kayak loe punya temen….
      loe bilang gitu cuma karena loe IRI soalny PERSIPURA gak bisa Nyamain Rekor Double Winner SRIWIJAYA…

      Bravo SRIWIJAYA FC….
      Hidup PALEMBANG…….

  59. dadang berkata:

    gw rasa pemain persipura harus diberi pembinaan tentang cara bermain sepakbola yang baik,keputusan wasit itu mutlak choy,seharusnya persipura tidak melakukan W.O,mereka seharusnya bisa bersikap sportif dan menerima keputusan wasit,tapi mungkin persipura merasa Sriwijaya FC terlalu tangguh untuk mereka kalahkan jadi mereka bersikap seperti banci dari timur indonesia,lebih baik persipura tidak dikirim ke laga LCA bikin malu ajha Viva sepakbola indonesia

    • Jr berkata:

      GOBLOKKKKKKKKK!!!!!!!!!!!!
      KO TAU MAIN bola IYO????????????????????
      tau kasus yg terjd bru bcr, OK bro!!!!!!!!!!!!!

      PERSIPURA MAJU!!!!!!!!!!!!!!

    • Biee berkata:

      dadang ,
      pemain persipura harus di bina ????
      Sriwijaya VS Persipura penutupan COPA wasitnya bagus ..
      dan hasilnya bagus …
      yang perlu di bina adalah wasit wasit ….
      kita ga usah ngatain team yang salah …
      jelas wasit yang tidak bagus …
      kalau mau lihat kualitas main :
      sriwijaya selalu kalah di kandang persipura
      sedangkan persipura pernah menahan imbang 2-2 di
      kandang sriwijaya ….
      loe bilang BANCI ???
      BANCI : Menerima sesuatu penghargaan dengan mudah, COPA bukan kelasnya BOSS
      bisa dilihat di ISL , beruntung aja COPA lawannya club gampangan makanya lolos …
      ISL PERSIPURA dan PERSIWA di atas dengan poin yang jauh ….

    • Ley n Fera berkata:

      Eh… klw mau dilihat dari sekian banyak tim sepak bola Indonesia, Tim yang jarang kalah adalah Persipura,, atas dasar apa anda mefonis PersipurA,
      Mana ada orang yang maw kalah di kandang sendiri,
      ” Ko taw maen bola di mana, Tendang bola aja kyak TaHu Mo….”

    • rey berkata:

      E………..KO LIHAT PERTANDINGAN K TRA !!!
      SRIWIJAYA SAJA DAPAT BANTAI DI LCA BARU.
      KALIAN TIDAK MALU,MENANG KARENA DI KASIH WASIT….
      PERSIPURA JAYA !!!!

  60. ana berkata:

    Jika kita ingat kembali pertandingan antara Persib Bandung vs SFC pada babak delapan besar Copa leg ke 2 di Bandung, sangat jelas sekali kalau wasit JImmy Napitupulu mencurangi Sriwijaya,tetapi Sriwijaya tidak keluar lapangan seperti yang dilakukan oleh Persipura. Berarti, diatas segalanya mental juara tetap nomor satu. Persipura, siap-siap aja di degradasi…

    • Jr berkata:

      lo gila kapa???
      bicar persipura degradasi, barang lo ddk di BLI, PSSI ya????????????
      otak itu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • a.p.o camat berkata:

      emang di copa ada degradasi yah…………! huahahahahhaeeeeeebahahhahahhahahhahahhahahah bego parah mampusssssssssssss…..!

  61. meiya berkata:

    ya betul blaXter, di champions eropa aja yang sudah jelas kualitasnya wasit yang mimpin laga chelsea vs barcelona juga gak liat handsball pemain barca, bahkan pemain-pemain chelsea juga protes dan drogba juga dapat kartu merah, tapi toh chelsea ga WO dan tetap menerima hasil pertandingan itu karena mereka profesional dan menjunjung tinggi sportifitas. sepertinya pemain persipura harus banyak belajar dari itu. lagi pula menurut saja sriwijaya pantas juara karena sebelumnya mereka sudah menang 1-0. peace…..

    • Biee berkata:

      Meiya ,betul memang di liga eropa demikian …tapi lihat usia dan mutu wasit merekaapa yang mereka lakukan beralasan ..tapi Purwanto ????wasit tua yang udah bisa di bilang lebih baik di
      masukin panti jompo …
      Wajarlah mau pensiun ….
      mungkin cari duit tambahan dari sriwijaya ..

  62. Phacy berkata:

    Kejadian Final Copa 2009 sudah di atur Sang Maha Kuasa…pasti ada sesuatu yang indah di balik kejadian itu…Percayalah…!!! Bravo persipura..Bravo SFC..

  63. reno berkata:

    yang mint persipura di degradasi siapa ya ???

    bego apa tolol tuh 😀 ??
    ini copa coy..
    bukannya ISL bisa di degradasi ..
    liat eventnya lah.. mana ada peserta ngelanggar aturan piala COPA hukumannya di degradasi dari ISL…

    yg 1 liga djarumm.. yang satu copa dji sam soe..

    hadoohhh otak pada tolol2 amat… jadi pengamat aja postingannya ga bisa diterima akal sehat…
    cupu loe ah…

    paling paah komdis ya hukumannya ga boleh ikut COPA,, tapi bukan degradasi begokkkkkk…
    wqwqwqwwqwq..

    Gimana pun itu jalurnya dah beda…
    lain kali klo coment jangan idiot yakkk…
    Persipura tetep aja cetak sejarah tim yg pertama kali juara ISL,, kompetisi penuh.. bukan sistem final2an yg bisa di politisir kaya banci dan tereak2 jiwa ksatria, wqwqwwqwqwqw

    • najib nuna berkata:

      tapi persipura gak bisa samain rekor double winner Sriwijaya…..
      loe juga bego….

      team penakut gitu loe bela….
      buat parah fans papua jangan kecil hati… kalian itu sebenarnya sudah untung karena Sriwijaya mau menyumbang satu gelarnya untuk kalian…
      Tapi jangan rakus donk,, dikasih satu mau minta lagi,,, untung aja di kasih….

      • arya red devil berkata:

        double winner aza bangga, ngaca donk………. di LCA jd bulan2nan, terkhir menang aza karna dukun tuchhhhhhhhh

  64. reno berkata:

    libya aja WO main sama timnas di piala kemerdekaan 2008 koq..
    karna tau .. wasitnya otak babi semmua..
    pimpinannya aja bandit.. huhuhuhuhuhu..

    liat kasus sodara2 kita, pERSIB,, aREMA .. BAHKAN SAMPE Bakar stadion brur,,,
    yg bilang final di tetepin dari jauh hari juga omong kosong lah. ga tau apa2 gw nilai. org penetepan tempat finalnya tgl 14 Juni kmaren koq..
    stadion yg standard internasional masih ada di bandung dan PON Kaltim om….

    Sriwijaya udah lah terima aja tuh piala pemberian yg menangnya ga bisa di banggain.. wqwqwqwq..

    • aneh yaa berkata:

      kalo d kaltim itu euforia masyarakatny ttg sepak bola masi krang bagus reno.
      makany bnyak”lah membaca koran.
      biar isi otak anda tdak skedar kata” yg krang baik. spt kata “piggy” yg anda tulis d atas itu lo. 🙂

  65. riwel berkata:

    sriwijaya ngak malu yah…..! menang seperti itu……hahahhahahhahahhahahah

    • eliza putri berkata:

      KENAPA MALU,JUSRU PERSIPURA YANG GAK ADA MENTAL….

      • najib nuna berkata:

        buat parah fans papua jangan kecil hati… kalian itu sebenarnya sudah untung karena Sriwijaya mau menyumbang satu gelarnya untuk kalian…
        Tapi jangan rakus donk,, dikasih satu mau minta lagi,,, untung aja di kasih….

      • kalpas berkata:

        MENTAL APA ?? GA MALU YA GELARNYA DI KASIH KARNA SEBENARNYA GA MAMPU !!

        KASIAAAAAAAAANNNNNNNN BANGAT YA SRIWIJAYA !!

        CLUB YANG BERDIRI KARNA JADI TUAN RUMAH PON !!!

  66. rosid berkata:

    RENO. TOLONG KM NGOMONGNYA SOPAN DIKIT! NANTI BISA KENA BATUNYA. EMAIL KM BISA DILACAK.

  67. blaXter berkata:

    Alexx, betapa kasihannya gw sm loe!!! comment loe yg ngatain orang Palembang licik membuktikan bhw loe bukan Suporter sepak bola SEJATI. Let’s kick Racism dr sepak bola negeri ini bro… Indonesia satu dalam copa dji sam soe gak bakalan dipahami oleh orang2 seperti loe!!!
    Reno, siapa yg bodoh siapa yg tolol sangat jelas terlihat sekarang…

  68. Billy berkata:

    Untuk Alex :

    maaf ya, belum pernah ada kejadian rusuh di palembang, orang palembang tidak pernah brtindak brutaL seperti the jack, Aremania, Bonex, Viking, dsb. dan yang jelas, orang palembang tidak bisa dibeli dengan uang. teman anda itu mungkin memang orang palembang, tapi sikap seperti itu bisa dibilang ada di seluruh indonesia. anda berbicara tanpa logika, dalam istilah kedokteran, anda itu berfikir hanya menggunakan batang otak,, dengan kata lain anda itu tidak lebih dari sekedar hewan.

  69. Billy berkata:

    Untuk Reno :

    resminya memang tanggal 14,,, tapi berita itu sudah ada jauh2 hari sebelumnya,, kalian yg ada di luar palembang g’ tau apa2 karena Koran dan TV palembang memang tidak ada di kota kalian.

    boleh saja menyampaikan pendapat, tapi tolong,, kata2 anda dijaga.. kami orang palembang menjunjung tinggi sopan santun dalam berpendapat.

  70. Billy berkata:

    Untuk rosid : sabar mas,, kita bisa direndahkan orang klo bertindak tidak sesuai etika. harga diri orang palembang itu tinggi.. jgn sampai kita direndahkan orang.

    • rey berkata:

      Bung sama aza dengan kita org papua………sepakbola adalah harga diri dan suatu perjuangan bagi kami…….sama sprti tmn2 di palembang ketika harga diri dan perjuangan itu di nodai,maka jelaas kami marah !!!!!!
      peace GGC

  71. yos berkata:

    ini pelajaran berharga buat seluruh wasit diindonesia….
    dalam menjalan tugas

    buat sponsor DJI SAM SOE supaya terus mendukung mensponsori copa indonesia selanjutnya…

    bravo sepakbola indonesia….

  72. didiet berkata:

    menurut psikologi orang kalah bisanya ya cuma ngomong………

    bicara ini itu mengapa mereka tidak menang..//

    uda bikin publik papua kecewa nih….

    ntar saat jadi wakil indonesia jgn WO Lagi ya…

    ngabisin ongkos pesawat….

    klo ga mau main bilang dari awal
    atau ga siap kalah>>>>

    hello persipura siapkan mental mu…….

  73. DONITA berkata:

    halo temen2 pecinta bola setanah air…
    klo ngasih komen jgn yang pedes2 dong atau sampe nyakitin hati orang …..

    kita bisa maju kok tanpa harus nyakitin satu sama lain…

    apalagi buat yang kasih komen yang kata2 kurang ajar dan tidak sopan
    rasanya ga etis bgt….

    mohon diperhatikan buat sahabat pecinta bola.

    ____________________salam_______________________

  74. sby berkata:

    fair play itu tidak identik dengan apa semau wasit.
    keputusan wasit tidak salah tetapi pssi menyatakan persipura bukan wakil indonesia,mereka wakil negara manaaaaa

  75. sby berkata:

    Ada beberapa hal yang layak dipertanyakan pada pertandingan tersebut,jika punya impian nasionalisme dan punya kesebelasan nasional yang kuat,berharap pssi kuat.terlepas persipura,sriwijaya fc,menang.

    1.pssi ,seharusnya menentukan tempat netral ,apapun alasannya.
    2.keputusan wasit ,kalau ada soal kenapa tidak tidak tanya hakim garis?
    3.kenapa ketua pssi yang turun?kenapa pengawas pertandingan tidak berfungsi?

  76. Ley n Fera berkata:

    Dengan terjadinya keributan antara kedua tim, maka kami sarankan kepada tim penyelenggara bahwa untuk kedepannya lebih jeli melihat hal tersebut,,,,

  77. squidward berkata:

    pihak Sriwijaya handsball, Persipura nendangin wasit Purwanto di laga terakhirnya. Di saat bersamaan, Afsel handsball pemain spanyol malah nyante-nyante aja. Sekitar 5 jam kemudian, gol brazil dianulir oleh wasit yang mimpinin brazil kontra AS di final piala konfederasi. Toh, nyatanya pemain brazil nyante aja meski tertinggal 2-0. Padahal final Copa Dji sam soe gak ada apa-apanya dibandingin final konfederasi. Mendingan kita sportif aja broo. Lagian gak ada gading yang tak retak. Collina juga pernah buat kesalahan kok. Wasit terbaik Inggris, Graham Poll aja pernah ngeluarin 3 kartu kuning ke orang yang sama di ujung karirnya. Seharusnya, justru pemain Persipura yang harus berdewasa. Mungkin bukan cuma Persipura aja sich, kelihatannya memang mentalnya orang Indonesia.

  78. reno berkata:

    nyari gw ga usah susah2 coy,abang gw korlap persija untuk ciputat tangerang.gw salah satu d jack yg minta polda buka stadion bung karno jadi laga home persija.
    dan gw anggota resmi d jack.
    klo persipura ga WO kya kmaren,PSSI ga berubah2 brur. gw ga nyalahin sriwijaya ko,namanya diuntungin ya seneng2 aja.cuma tengsin kan dpt piala ga murni gitu.kasian gw atas kasus tim2 lalu yg dikerjain,persebaya,arema,persib,persija,dan juga persipura.
    stop mafia wasit,d jack dgn fair akan mendukung.

    • najib nuna berkata:

      hai teman2 d’jack…
      klian gak usah percaya kalo reno itu anak d’jack…
      dia pasti d’jack gadungan….
      jadiin aja dia umpan kalo d’jack rusuh ma viking..

      NAJIB TATTO___PALEMBANG

    • boy berkata:

      walah kyk jack mania ga nempa wasit aj…., klub lo lebih parah menurut gw

  79. cristiano ronaldo berkata:

    menang banci ajah ko sombong,kalo bisa maen ulang,,,,

  80. totty as ruma berkata:

    sudha terbukti top skor di isl pemain persipura,pemain terbaik persipura ,,the winner persipura,,,trusss baku melawan apa,,,,wasit yang goblok…! trusss sriwijaya ga usah bangga dhe…memalukan,

    • boy berkata:

      udah lah ga usah juga membanggain PERSIPURA, klo emang merajuk jangan naik lagi ke podium , sempet2 nya NGAMBIL medali runner up, jangan kyk anak kecil dong

  81. a.p.o camat berkata:

    udah ngak bisa menang dari persipura halalkan segala macam cara…..! hahahhahahae udah telak 4-1 di mandala kawan…!

  82. Billy berkata:

    Persipura belom pernah merasakan tanding di 3 ajang sekaligus. jadi moga selamat ja ya,, klo dah tampil di LCA mereka g’ kan bisa juara Liga. sehebat apapun mereka, tapi mereka belum bisa menyesuaikan diri di kompetisi yang padat.

  83. SFC sejati berkata:

    berani ny d mandala..
    kurang bukti apa lg kualitas sfc..
    sejauh ini persipura ga prnah MENANG lawan SFC d luar mandala..

    • apo camat berkata:

      menangnya mang gimana kalian sama persipura ?? pinalti kan ?? kalian ketinggalan duluan lewat gol bersih, trus di samain sama pinalty karena jack komboy hands ball ?? apa pinalti itu menang murni?? laga pembukaan ISL di jakabaring skor brapa om ?? 2 – 2 kan ??

      truz di bantai di mandala 4 – 1 kan ..udah lah semua udah mengakui kualitas persipura.

  84. alex noerdin berkata:

    true champions fight till the end, no matter what…

  85. GUSTAF berkata:

    Saya pikir hanya wasit mata buta yang tidak melihat tackling keras di kotak penalti dan handsball, kalau PSSI, BLI dan suporter juga ikut mendukung keputusan wasit mata buta Purwanto. Ya….., rame2…. mata buta, akibatnya sepakbola kita “mata buta”, misalnya Sriwijaya FC hancur dalam Kompetisi Asia, PSSI lawan Vietnam saja repot, apalagi level asia, PSSI jangan bicara piala dunia mimpi klo pemimpinnya mantan koruptor.

  86. Rico berkata:

    Persipura yang kuat, sa kasih tau kam e…, jd jgn bangakan SFC, d dlm kubunya SCF ada org Papua ini pertanda Anak2 Persipura tdk tertandingi….. OK PERSIPURA yang terbaik untuk Rakyat PAPUA!!!!!!!

  87. mutiara hitam berkata:

    PERSIPURA TETAP TERBAIK DAN AKAN TETAP TERBAIK SEPANJANG ABAD……! ITU TIDAK DAPAT DI PUNGKIRI LAGI SOB….!

  88. Lex dePraxis berkata:

    Semua tentang bola yah? Tidak ada tentang cinta?

  89. reno berkata:

    untuk aneh ya : kaya namanya lo .. aneh..
    mau euforia nya blm besar kek.. tempat netral dan berstandard interasional tetep essensial coy….

    pilih mana lebih baik ?? euforia atau fair play in netral place ?? masih bodoh aja loe… liat hasilnya ?? ga sesuai keinginan seluruh masyarakat kan ??

    SFC sejati : waktu SRiwijaya lawan Persipura di senayan final copa 2008 nebeng di suporter mana loe cuy ?? apa bukan minta perlindungan d Jak ??

    menangnya mang gimana kalian sama persipura ?? pinalti kan ?? kalian ketinggalan duluan lewat gol bersih, trus di samain sama pinalty karena jack komboy hands ball ?? apa pinalti itu menang murni?? laga pembukaan ISL di jakabaring skor brapa om ?? 2 – 2 kan ??

    di jakabaring ga pernah rusuh ??? final copa 2009 kmaren emang suporter sriwijaya ga lempar2 botol AQua ? dari tv one jakarta sih keliatan teges tuh, lo lempar2 botol, trus di tahan sama pemain ..

    sekali lagi.. klo coment harus ada bukti dan logis yah.. jangan berpihak

    pliss ya .. buat rekan2 klo coment yg logis..

    – d jackmania –

  90. blaXter berkata:

    Waspada kawan2, gw mensinyalir si Reno The Jack gadungan. Kita semua tau betapa harmonisnya hubungan The Jack sm suporter Sriwijaya FC. Final Copa 2008 malah The Jack jg ikut mensupport Sriwijaya FC. Uffgh, sepertinya si Reno mau mengadu domba… hehehe,,,

  91. reno berkata:

    blaxter : emang iya hubungan d jak sma Sriwijaya baik koq cuy.. gw juga ga benci fans sriwijaya..
    mau gw ceritain sejarahnya ga gimana sriwijaya itu berdiri ??
    gw bicara realita brur.. bukan omong2 sampah kaya yg lain..lo boleh crosscek pengetahuan gw tentang LIGINA diatas..
    lo pikir d jak sama persipura mania musuhan sampe sekarang ??
    Sepak bola indo ga akan maju klo suporternya trus saling dendam,itu jiwa d jak sejati. PSSI harus di benahi,terutama dari sisi mafia dan wasit..

    Dalam diri d Jak sejati yg benar adalah benar, yg kurang tepat di luruskan atas segala realita, kita juga melindungi yg lemah dan butuh bantuan.. saat final copa 2008, fans Sriwijaya merasa takut dengan persipuramania. oleh karena itu kami lindungi, tapi jika kalian salah menilai.. kami pun akan meluruskan.. dalam kasus final copa 2009 lain ceritanya blaxter.. lo bisa liat mana d jak gadungan dan yg bukan.. pikirin kata2 gw ok ?

  92. reno berkata:

    1 lagi blaxter .. D Jak cukup kecewa Sriwijaya kalahkan di semifinal Ligina 2008…

    jadi bukan berarti kami akan memanjakan kalian jika kalian bercoment salah apalagi menghina kontestan lain yang jelas2 di rugikan..

    D jack sejati, berjiwa besar.. menghargai semua kontestan LIGINA.. Persebaya, Arema, Persib, Persipura, Sriwijaya.. Persitara, Persita, dan semua club di indo adalah saudara..

    yang salah,ya salah,, yg benar,, ya benar,,

    salam..

    reno
    – d jakmania –

    • blaXter berkata:

      Reno, kalo bahasa loe kayak gini kan enak…
      Loe boleh teliti lg comment gw, gw gak pernah bilang Persipura Mania dan The Jack musuhan.
      Ok, kita sama2 ingin sepak bola Indonesia maju. Semua unsur harus dibenahi, bukan hanya PSSI dan perwasitan saja. Supporter jg harus siap berbenah. Dan satu lagi, offisial team (ketua umum, manajer, bendahara, direktur, dll) jg hrs byk belajar mengenai bola. Karena kebanyakan dari mereka adalah para pejabat atau pengusaha di daerahnya yg baru mengerti aturan sepak bola kemarin sore…

      Salam dari kami
      -BlaXter-
      Black Minnority Supporter

    • najib nuna berkata:

      gadungan LOE

  93. evra berkata:

    wasit indonesia tidak pernah adil jika partai penentuan final t4 pertama yg rebut persipura, selalu wasit tidak adil.
    waktu pon juga pernah, kalau tdk salah pon 14 hal serupa juga terjadi. sehingga wasit di pukul oleh pemain papua, mungkin tujuan wasit indonesia untuk mematikan karir anak2 papua yg penuh dengan bakat2 sepakbola.

  94. alex noerdin berkata:

    TRUE CHAMPIONS FIGHT TILL THE END..

  95. rey berkata:

    SEMUA YANG ADA KITA LIHAT NANTI……..KITA AKAN LIHAT APAKAH PENCAPAIAN SFC AKAN SAMA DENGAN PERSIPURA DI LCA !!!!!!!!!!!!!
    GUE SGT G YAKIN SM SFC CZ MSH BISA DI BUKTIKAN KEGAGALAN SFC DI LCA KMRIN !!! BAEK DI KNDANG ATAU TANDANG KALAH MELULU,MENDING PSSM MEDAN MASIH MENANG !!!!
    BRAVO PERSIPURA,TUNJUKKAN KPD ASIAA,BAHWA KAU PANTAS DI LCA.
    GIMBAL GENERATION CLUB FOR MUTIARA HITAM

  96. ben berkata:

    sampai kapan pun sepakbola indonesia gak akan beres, kalo masih di pimpin oleh seorang kriminal.
    rusaknya pertandingan sfc vc persipura tidak lepas dari kepentingan duit..duit…

  97. oknum berkata:

    saya rasa sudah saatnya wasit2 di indonesia pensiun saja, mestinya pssi bisa meniru negara2 timur tengah, kalau pingin persepak bola’an di Indonesia Maju mesti pake wasit asing sekalian, masa buat bayar wasit gak mampu, kan ada sponsor utama nya di setiap kejuaraan, salut deh papua sudah terbukti kalo papua no 1 di indonesia “duo team papua” maju ke liga champion asia.

  98. McPEKEY berkata:

    saya PERSIPURA-MANIA, saya rasa yang perlu dirombak adalah PSSI. Bagaimana sepakbola kita akan berkembang bila KETUM-nya aja mantan NAPI KORUPTOR. apa mereka sebelumnya tidak memikirkan hal-hal yang akan terjadi apabila bermain di salah satu kandang finalis COPA. Saya rasa PSSI telah mencoreng muka mereka sendiri. Pak NURDIN HALID, saya cuma ingatkan anda jangan salah mengambil keputusan sanksi kepada persipura. Mohon anda INGAT !!!! persipura adalah Tim Kebanggaan orang PAPUA, salah mengambil keputusan bisa berakibat fatal. Bisa saja orang se-PAPUA BOIKOT Produk DJI SAM SOE atau SAMPOERNA dan tentu saja bisa mengancam stabilitas politik di negara kita.

  99. McPEKEY berkata:

    wasit jimmy napitapulu saja mengakui bahwa FERRY melakukan pelanggaran dan mengakui adanya HANDSBALL….hahaha…hahaha

  100. McPEKEY berkata:

    handsball pasif sama aktif itu gimana sich?..setau saya yang pasif itu tangan mepet di badan bukan terbuka bebas…

  101. reno berkata:

    liat koran topskor jakarta jumat 2 juli 09 deh hal.2. Rayana Jakasurya aja jelas bilang ke2 insiden itu jelas pinalty,baik tabrakan feri ataupun hand tsimi.
    kalo baca koran palembang mah pasti belain sriwijaya lah :d
    klo mo denger pendapat ahli tuh dari org yg ga punya kpentingan di 2 kubu yg lgi berseteru coy.
    btw,pda kenal rayana jakasurya ga nich?he2 jgn2 gatau sapa dia lgi.
    klo kata limbong komdis pssi sich,purwanto babi dah bnr jalanin tugas,kena tangan hand pasif dan tabrakan feri ke ian kabes bersih

  102. piliang berkata:

    saya adalah orang sumatra barat. dari peristiwa memalukan yang terjadi pada fibal copa indonesia, saya menilai persipura dan wasit adalah korban dari semua keputusan dan kebijaksanaan “aneh” yang dikeluarkan oleh pengurus pssi. hal ini juga merupakan rentetan sikap plin plan pengurus pssi, ketidak tegasan dan ketidak profesionalan. apakah dari sekian banyak kejadian yang memalukan tersebut, pssi tidak juga berkaca dan introspeksi??? sedemikian tebalnya muka pssi, sehingga tidak punya malu lagi?? ingat, apa yang terjadi dalam kompetisi sepak bola kita adalah tanggung jawab dari organisasi yang menjalankannya, bukan pada perserta kompetisi. jangan lagi pssi melemparkan kesalahan dan tanggung jawab pada klub2 yang dinaunginya.. sayang, padahal negara kita kaya akan talenta2 sepakbola yang luar biasa, tetapi menjadi mubazir karena jeleknya institusi yang membinanya..

  103. reno berkata:

    pailing dr sumbar,gw salut sama coment loe bro..coment top.

    tdi ada yg blg gw iri ya?sapa ya?
    tong,ngapa gw hrs iri?menang wo mah cupu.klo persija juara ky sriwijaya kmaren mah gw ga bangga cuy.gw d jak sejati yg meluruskan suatu pola pikir yg kurang tepat dgn realita.. acuan postingan gw dari pandangan org2 kaya rayana djakasurya,yg paham betul aturan FIFA,dan yg pasti dia ga punya kpentingan antara palembang dan papua,sma sperti gw,xixi.
    tetep gw titik beratkan ksalahan ada di babi2 PSSI dan wasit2nya.

  104. reno berkata:

    najib : haha2 dasar culun mental kampungan loe..

    loe liat kelakuan loe. bisa2nya loe rendahin Piliang yg jelas2 comentnya sangat bagus dan berdasar..

    suara2 rakyat yang netral pasti ngeliat kerja wasit Purwanto salah total..

    gimana mau nuntut fair play till the end dari Persipura sebagai pemain,klo pemimpinya (wasit Purwanto) mntalnya mafia kaya babi..

    dimana – mana Pemimpin ancur ya sistem jadi ancur lah.. jadi jangan salahin mental Persipura WO, harusnya tanyain tu mental mafia Purwanto yg mimpin pertandingan ga fair gitu, kan dia pimpinan pertandingannya..

    gw rasa KElauan Persipura dah tepat banget.. di saksiin ketua PSSI (gembong mafianya), gubernur Papua dan Gubernur SumSel.. mereka WO dengan bgitu merupakan tamparan telak buat PSSI ga sembarangan menguntungkan 1 pihak..

    – Jak maniasejati untuk kemajuan sepakbola Indonesia –

  105. rico berkata:

    gimana kita mau msk piala dunia
    jngnkan piala dunia, piala asia aja kita memalukan
    jng katakan fair flay tp PSSI & BLI tdk fair
    saya rasa ini ksalahan terbesar sangat memalukan.
    hansball di kotak pinalti seorang wasit purwanto tidak meniup pluit beserta linesmen ada apa ini?
    jika PSSI menghukum berat persipura maka anda menghancurkan bibit2 pesepakbola papua yang sdng berkembang sebaiknya anda memutar ulang pertandngan tsbt dan pikirkan.
    kpn sepak bola indonesia maju
    saya hrp PSSI & BLI berpikir dalam mengambil keputusan atas hukuman trhdp prspr
    THANKS…
    1 lg sebaiknya nurdin halid hrs diberhentikan
    karena dia sdh terkena pidana
    dan peraturannya sdh ada.

  106. rian berkata:

    persipura saya salut dengan tindakan itu, untuk itu saya sarankan mendingan keluar dari PSSI dan brgabung dengan AUSTRALIA biar mendapat pengalaman lagi
    PERSIPURA KAMU ADALAH BRASIL INDONESIA YANG TAK DI KALAH KAN DENGAN PEMAIN LAIN

  107. spartan berkata:

    udah² jangan pada tengkar sendiri….
    sejujurnya salah semua < menurut pandangan saya
    bagi yang menjunjung tinggi fair play, seperti persipura, seharusnya kalian jangan melakukan tindakan WO, tunjukkan kalau kalian masih punya semangat, walaupun keputusan wasit merugikan, wasit adalah pemimpin dilapangan, selesaikan diluar lapangan sajalah, jangan berhenti gitu…
    dan untuk sriwijaya, bukankah mendukung fair play?? kalo hands ya hands, seharusnya pemainya mengakui yang melakukan, pelanggaran yang dilakukan ferri pun berbahaya, tapi dia pasang tampang seolah tidak tahu,
    jadi menurut saya jangan ada yang saling menyalahkan, karena memang 2 2 nya tidak menjunjung sikap fair, terlepas dari kepemimpinan wasit yang tidak memuaskan dimana sriwijaya dirugikan dibabak pertama, dan persipura dibabak kedua, saya bukan pendukung sriwijaya atau persipura, tapi sangat disayangkan jika hanya karena sepakbola, persaudaraan kita pecah… damai² aja broo…
    we are the world!!!!

    • najib nuna berkata:

      spatan :
      bego loe ya…
      gue rasa seluruh pemaen se_profesional apapun gak bakal ngaku klo handsball.. kan buat team dia rugi…
      bisa2 di pecat…
      ibaratnya,mana ada maling yg mau ngaku…
      klo mereka ngaku,udah penuh tu penjara….
      bego loe,….
      hahahahahahaha…

  108. download berkata:

    apa maksud semua nya ini..

  109. Shebou samawa berkata:

    Gw org sumbawa brt yg ngfans sama persipura,, mnurut gw persipura memank gudang pemaìn2 brtalenta luar biasa,,cmn itu g ckup untuk mnjdi juara sejati,cz seorang juara g hanya dinilai dri skillx aja tpi juga dri sikap dan profesionalismex..

  110. hemmbb..salam kenal.. blognya keren .

    artikelnya juga mantap mantap..

    terima kasih.. di tunggu kunjungan baliknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sabalong Samalewa

free counters

RSS Free Mp3

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Lintas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Terjemahkan Ke Bahasa:

Status YMku…

Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip Sport’s

RSS Tempointeraktif Sport’s

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Liga Indonesia

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Beritabola

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Link

Situs Resmi Formula 1 Flinst = Warnet Asyik di Sumbawa Blog Gado-Gadonya Tau Samawa Situs Resmi MotoGP Situs Resmi Liga Inggris Situs Resmi Liga Champions Situs Resmi PSSI Situs Resmi NBA Situs Resmi Chelsea FC Situs Resmi Inter Milan FC Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa Suzuki Sumbawa Situs Resmi Superbike World Championship ifa.com - Situs Resmi Federasi Asosiasi Sepakbola Sedunia www.espnstar.com - Situs Resmi ESPN
%d blogger menyukai ini: