Memasyarakatkan Olahraga Mengolahragakan Masyarakat

Panduan Sebelum Anda Menonton Siaran Langsung dan Berolahraga

Final Piala Konfederasi 2009: Tekuk AS 3-2, Brasil Juara

JOHANNESBUG, KOMPAS.com – Secara dramatis, Brasil membalik ketinggalan 0-2 menjadi kemenangan 3-2 atas Amerika Serikat di final Piala Konfederasi, Minggu (28/6).
Kemenangan itu membuat Brasil mempertahankan gelar yang mereka menangkan pada 2005. Brasil kini menjadi satu-satunya negara yang mampu juara Piala Konfederasi tiga kali, melewati Perancis yang baru juara dua kali.
Hasil itu tentu cukup melegakan, mengingat Brasil tampil kurang optimal di babak pertama. Meski mendominasi permainan, Brasil sulit membobol benteng AS, bahkan harus tertinggal 0-2 terlebih dulu.
Beberapa kali Brasil mencoba melakukan tembakan spekulasi atau memaksimalkan sejumlah kesempatan sepak pojok. Namun, semua itu bisa dimentahkan barisan belakang AS yang tampil disiplin.
Brasil belum menemukan celah ketika AS malah berhasil membobol gawang Julio Cesar pada menit ke-10 melalui Clint Dempsey. Dari tengah kotak penalti, Dempsey mengirim bola ke sisi kanan bawah gawang Julio Cesar.
Permainan berubah menjadi cepat. Brasil melakukan berbagai upaya menembus pertahanan AS yang digalang Jonathan Spector dkk.
Dalam sebuah kesempatan di menit ke-25, Maicon lolos dari pengawalan bek AS dan menciptakan peluang gol. Setelah melakukan kerja sama satu-dua dengan Ricardo Kaka, ia menembakkan bola ke sudut kiri bawah gawang AS. Namun, Tim Howard dengan sigap menepis bola.
Setelahnya, gempuran Brasil terus mengalir. Untuk membongkar benteng AS, mereka mencoba merusak fokus pertahanan lawan dengan mengubah alur serangan dari sayap kiri ke kanan. Tetap saja, usaha Robinho dkk menemui kebuntuan.
Pada menit ke-26, Felipe Melo mencoba memecah kebuntuan itu dengan tembakan jarak jauh. Namun, bola berhasil ditepis Howard.
Semenit kemudian, AS justru berhasil mencuri kesempatan serangan balik yang dipimpin Landon Donovan. Setelah merebut bola dari Robinho, Donovan memberikan bola kepada Charlie Davies.
Davies kemudian menyusur sisi kiri dan melepas umpan ke tengah kotak penalti. Dalam kawalan Ramires, Danovan berhasil menguasai bola dan meloloskan bola ke sudut kiri bawah gawang Cesar.
Brasil yang semakin tertinggal menaikkan tensi serangan. Pada menit ke-33, mereka Brasil berhasil menciptakan kesempatan gol melalui Andre Santos. Memanfaatkan umpan Robinho, Santos mengirim bola tepat ke tengah gawang Howard. Lagi-lagi, Howard bereaksi tepat mementahkan serangan lawan.
Namun, memasuki menit ke-40, permainan Brasil tampak kurang terkoordinasi. Umpan-umpan mereka mudah dibaca dan dipotong AS. Mereka pun semakin sulit menciptakan peluang.
AS sendiri sudah mulai fokus bertahan. Beberapa kali merebut bola, mereka tak segera membangun serangan balik karena pemain menumpuk di belakang. Skor 2-0 untuk AS bertahan hingga turun minum.
Memasuki babak kedua, Brasil langsung menggebrak dan menciptakan gol pada menit ke-46 melalui Luis Fabiano. Dalam kawalan bek Jay DeMerit, Fabiano menerima sodoran bola dari Maicon, mengontrolnya, dan langsung menembakkan bola ke tengah gawang Howard.
Gol itu mengembalikan gairah Brasil. Mereka mulai tenang mengatur serangan. Meski tidak gencar, namun cukup merepotkan lini belakang AS dan melakukan sejumlah pelanggaran. Brasil sempat gagal memaksimalkan sejumlah kesempatan tendangan bebas.
Pada menit ke-60, Ricardo Kaka hampir saja menyamakan kedudukan. Memanfaatkan umpan Andre Santos, Kaka menanduk bola ke tengah gawang AS. Bola sempat melewati garis gawang, sebelum didorong keluar oleh Howard. Namun wasit Martin Hansson tidak menilai itu sebagai gol.
Melihat gempuran pemain belum membuahkan hasil, pelatih Carlos Dunga memasukkan Dani Alves dan Elano menggantikan Ramires dan Andre Santos pada menit ke-66. Suntikan darah segar ini membuat permainan Brasil kembali dinamis.
Brasil akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui Luis Fabiano di menit ke-74. Gol bermula dari sepakan Robinho yang membentur mistar atas gawang. Bola kemudian mengarah ke Fabiano, yang tanpa kesulitan melesakkan bola ke sudut kanan bawah jala AS dengan sundulannya.
Brasil seakan tak terbendung. Dengan permainan sporadis, mereka mampu merusak fokus pertahanan AS. Pemain AS sebisa mungkin meredam gempuran dengan dengan tekel atau membuang bola. Brasil pun mendapatkan sejumlah kesempatan bola mati.
Sebuah sepak pojok Brasil di menit ke-82 berhasil membuahkan gol yang membawa Brasil unggul 3-2, dicetak oleh Lucio. Elano yang dipercaya mengambil tendangan, melambungkan bola ke tengah kotak penalti. Lucio berhasil menjangkaunya dan melesakkan bola ke dalam jala AS.
Keunggulan itu tak lantas membuat AS patah. Mereka terus bermain disiplin dan mencari kesempatan menyerang. Namun, Brasil seakan tak terbendung. AS kesulitan merebut bola dan melakukan serangan balik. Beruntung, barisan belakang AS mampu mencegah terjadinya gol tambahan. Skor 3-2 untuk Brasil bertahan hingga akhir laga. (TUR)

Susunan pemain:
AS: Howard; Onyewu, Spector, Bocanegra, DeMerit; Dempsey, Feilhaber (Kljestan 75), Clark (Casey 88); Altidore (Bornstein), Davis
Brasil: Cesar; Luizao, Maicon, Andre Santos (Alves 66), Lucio; Gilberto Silva, Kaka, Ramires (Elano 67), Felipe Melo; Fabiano, Robinho

Sumber: Kompas.com

Iklan

Filed under: Piala Konfederasi FIFA 2009, Sepakbola, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sabalong Samalewa

free counters

RSS Free Mp3

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Lintas Berita

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Terjemahkan Ke Bahasa:

Status YMku…

Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Arsip Sport’s

RSS Tempointeraktif Sport’s

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Liga Indonesia

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Beritabola

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Link

Situs Resmi Formula 1 Flinst = Warnet Asyik di Sumbawa Blog Gado-Gadonya Tau Samawa Situs Resmi MotoGP Situs Resmi Liga Inggris Situs Resmi Liga Champions Situs Resmi PSSI Situs Resmi NBA Situs Resmi Chelsea FC Situs Resmi Inter Milan FC Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa Suzuki Sumbawa Situs Resmi Superbike World Championship ifa.com - Situs Resmi Federasi Asosiasi Sepakbola Sedunia www.espnstar.com - Situs Resmi ESPN
%d blogger menyukai ini: